6 Makanan khas Kota Karawang yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh Serabi hijau merupakan satu dari beberapa oleh-oleh yang bisa dibeli ketika berkunjung ke Karawang (Foto: resepnusantara.id)

KARAWANG merupakan salah satu di kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki julukan Kota Industri. Selain banyak pusat perindustrian, ternyata Karawang juga memiliki makanan yang berbeda dari tempat yang lain. Jika berkunjung atau jalan-jalan ke suatu daerah, kurang lengkap kalau belum membeli oleh-oleh. Melansir tempatwisataindonesia.com, berikut enam makanan khas Karawang yang cocok untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh.

1. Serabi Hijau

6 Makanan khas Kota Karawang yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh
Serabi hijau yang sudah terkenal sampai keluar kota (Foto: azzamaviero.com)


Banyak orang yang tahu mengenai makanan khas berwarna hijau ini. Namanya adalah serabi. Serabi hijau ini merupakan oleh-oleh khas Karawang yang harus kamu beli kalau pulang dari Karawang.

Berbeda dengan serabi yang lain, serabi khas Karawang ini memiliki saus untuk melengkapi rasanya, tidak menggunakan bahan kimia. Pembuatannya pun masih menggunakan cara lama, yaitu menggunakan arang. Serabi ini tersedia dari dua rasa, rasa gula jawa dan rasa durian.

Dilansir dari bandungoke.com, serabi ini kerap di sebut Serabi Kuntilanak. Kasim sang pemilik dan pembuat serabi ini mengatakan kalau warung serabinya berada di dekat kuburan, dan sampai sekarang tempatnya untuk berjualan tidak pindah dan lebih laku.

Serabi hijau ini hanya satu-satunya di daerah Rengasdengklok Karawang dan tidak ada cabangnya. Jadi kalau kamu mau membeli oleh-oleh ini, datang langsung ke Jl. Kalijaya, R.Dengklok Utara, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Tempat ini buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

2. Bolu Kijing

6 Makanan khas Kota Karawang yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh
Bolu yang renyah di luar, lembut di dalam (Foto: resepnusantara.id)


Oleh-oleh kedua adalah bolu kijing, bisa juga dibilang kue kijing. Disebut seperti itu karena bolu ini memiliki bentuk seperti hewan kijing (sejenis kerang yang hidup di air tawar).

Bolu ini merupakan oleh-oleh khas Karawang yang termasuk dalam kategori makanan tradisional. Berbahan dasar dari tepung terigu, gula, vanilli, dan bahan yang lainnya, tanpa bahan pengawet.

Selain rasanya yang manis, bolu ini juga memiliki tekstur yang luarnya renyah tapi dalamnya lembut. Kamu bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh, dan tahan selama tujuh hari.

3. Kue Gonjing

6 Makanan khas Kota Karawang yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh
Kue gonjing terbuat dari kelapa asli (Foto: krawang.id)


Kue gonjing ini jajanan tradisional yang legendaris di daerah Jawa Barat, khususnya daerah Karawang. Banyak orang yang menyebut kue ini dengan sebutan kue bandros. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan enak dengan rasa kelapa yang sangat melekat.

Kue gonjing ini terbuat dari tepung terigu, garam, dan buah kelapa. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan gula pasir di atasnya. Buat yang suka pedas, kue ini bisa ditambahkan saus sambal didalam adonannya atau di atas kue.

Kue ini lebih nikmat dimakan langsung saat masih panas, tapi kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Hanya saja, kue ini tidak bisa tahan lama, sehingga kurang bagus jika dibawa pulang dengan jarak yang jauh. Ini disebabkan karena terbuat dari kelapa asli tanpa bahan pengawet.

BACA JUGA:

Beli Oleh-Oleh Enggak Mahal, Begini Caranya

Selain Bika Ambon, Adakah Oleh-oleh Tak Kalah Manis dari Medan?

Berbagi Kebahagiaan dengan Oleh-oleh Sepulang Liburan

4. Semprong

6 Makanan khas Kota Karawang yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh
Semprong Karaawang memiliki cita rasa yang berbeda (Foto: krawang.id)


Setelah yang lembut, sekarang makanan yang renyah. Oleh-oleh yang bisa beli selanjutnya adalah semprong khas Karawang. Makanan khas Kota Karawang yang satu ini merupakan makanan ringan yang banyak memiliki penggemarnya.

Yap, meskipun banyak juga daerah lain yang memiliki Kue Semprong, namun kue semprong khas Karawang yang satu ini harus kamu coba karena cita rasa yang ditawarkan pun berbeda dengan yang lainnya dan yang pasti tak diragukan lagi kelezatannya.

Dikutip dari budaya-indonesia.org, semprong adalah makanan dengan bentuk panjang seperti pipa dan mempunyai rasa yang tidak terlalu manis tapi renyah seperti crackers.

Terbuat dari tepung beras, gula pasir, kayu manis bubuk, lalu dicetak dengan cetakan semprong. Kamu dapat menemukan makanan ini di toko oleh-oleh, kudapan ini menjadi salah satu favorit untuk oleh-oleh.

5. Rengginang Ketan

6 Makanan khas Kota Karawang yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh
Camilan sore untuk menemani minum kopi (Foto: sajiansedap.grid.id)


Makanan tradisional yang cocok buat dijadikan oleh-oleh selanjutnya adalah rengginang ketan. Sama seperti namanya, rengginang yang terkenal dari Karawang ini terbuat dari bahan utama beras ketan.

Tahap dalam pembuatnnya adalah beras ketannya terlebih dahulu di masak, setelah dimasak keringkan telebih dahulu dengan cara dijemur di bawah panas matahari, lalu digoreng dalam minyak goreng panas yang banyak supaya rengginang terendam.

Rengginang ketan dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan cocok dijadikan teman minum teh di sore hari. Kudapan ini tentunya cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena rengginang ketan khas Karawang ini terkenal dengan kerenyahannya yang jarang di temukan di daerah lain.

6. Opak Ketan

6 Makanan khas Kota Karawang yang Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh
Terbuat dari ketan yang dipanggang (Foto: masakandapurku.com)


Oleh-oleh Karawang yang terakhir adalah opak ketan dan bisa kamu bawa pulang. Sama seperti rengginang, opak ini terbuat dengan bahan utama dari ketan.

Diolah melewati beberapa tahap proses, hingga akhirnya makanan ini menjadi makanan ringan yang renyah, gurih dan pastinya lezat. Makanan ini ada yang berbentuk pipih dan tebal, tapi rasanya tetap sama, dan sesuai dengan selera kamu.

Di Karawang kamu akan mudah menemukan makanan ringan tradisional ini. Para penjual pada umumnya, menawarkan opak ketan dengan kemasan matang. Sehingga kamu bisa langsung membelinya dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. (sel)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH