Beli Oleh-Oleh Enggak Mahal, Begini Caranya Beli oleh-oleh harus cerdas (Foto: Pexels/Artem Bali)

LIBURAN tidak lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan. Inilah yang sering dipesan teman atau kerabat di rumah. Harus ada oleh-oleh. Wajib sih tidak tapi masa pulang hanya membawa cucian kotor. Sepertinya ada yang kurang gitu deh. Setuju?

Nah, jadi kamu jangan cuma keasyikan liburan saja ya. Jangan lupa tuh sisihkan budget kamu untuk membelanjakan oleh-oleh. Tapi, jangan sampai salah stratergi juga ya. Karena itu, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat membeli oleh-oleh seperti berikut ini.

1. Harus pasar tradisional

Oleh-oleh khas tersedia di pasar tradisional (Foto: Pexels/Rafael Guimaraes)

Jangan samakan seperti di kota deh. Masa kamu mau belanja oleh-oleh di mal terdekat destinasi wisata kamu. Kalau mau beli oleh-oleh khas daerah tujuannya ya pasar tradisional. Minimal kamu bisa pergi ke tempat yang memang khusus menjual oleh-oleh khas daerah tersebut.

2. Buat daftar

Buat daftar supaya tidak pusing (Foto: Pexels/picjumbo.com)

Setiap hal akan lebih mudah kalau sudah dibuatkan daftar terlebih dulu. Sama seperti saat membeli oleh-oleh. Buatkan daftar oleh-oleh yang ingin dibeli dan orang yang ingin kamu beri di rumah. Kamu jadinya tidak akan kalap saat berbelanja di tempat penjualan oleh-oleh. Kamu pun juga bisa menyesuaikan keperluan berbelanja sesuai bujet yang kamu miliki.

3. Waktu belanja jangan saat pulang

Belanja oleh-oleh di pagi hari lebih sepi (Foto: Pexels/Min An)

Jangan sekalian pulang kamu baru membeli oleh-oleh. Sediakan satu hari khusus untuk mencari buah tangan. Lalu, usahakan membelinya di pagi hari. Biasanya masih sepi. Kamu pun akan tenang saat menentukan oleh-oleh jenis apa yang ingin kamu beli. Kalau terburu-buru yang ada nanti malah ada yang tertinggal.

4. Murah tidak masalah

Barang apapun yang diberikan pasti disukai (Foto: Pixabay/StockSnap)

Tidak perlu yang mahal-mahal. Toh yang namanya dikasih orang pasti akan senang banget kok. Kamu jadi tidak perlu pusing-pusing. Selain makanan belikan saja cindera mata berbentuk gantungan kunci juga sudah oke kok. Yang penting niat kamu. Penerima juga akan merasa dihargai loh, liburan saja kamu masih ingat dengan mereka.

5. Awas salah beli

Jangan sampai barang yang kamu beli sudah biasa (Foto: Pexels/Artem Bali)

Ingat-ingat barang apa yang tidak ada di tempat tinggal kamu. Terkadang banyak juga loh pelancong yang salah beli oleh-oleh. Dikira tidak biasa tidak tahunya barang tersebut sangat terkenal di tempat tinggalnya. Belikan barang khas daerah wisata kamu. Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu cari info terlebih dulu melalui internet.

Bagaimana Sahabat Merah Putih, sudah paham kan bagaimana cara jitu membeli oleh-oleh? (ikh)

Baca juga: Melancong Bawa Perhiasan, Amankah?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH