Game
50 Tahun Sejarah Eksistensi Gim Dalam perjalanannya video game mengalami pasang surut. (Foto: Unsplash/Kamil S)

APA yang sekarang menjadi industri ratusan triliun rupiah dimulai sebagai mesin arcade sederhana yang dibuat oleh sekelompok mahasiswa pada tahun 1971.

Sebelum itu, bermain video game telah menjadi hobi culun untuk kelompok-kelompok kecil di kampus universitas teknologi. Terhitung 50 tahun yang lalu, Nolan Bushnell, seorang mahasiswa di Universitas Utah, bergabung dengan Jim Stein, seorang peneliti Universitas Stanford, untuk membuat gim.

Baca Juga:

Ada Karakter Pembalap Baru di 'Mario Kart Tour', Siapa Dia?

game
Dari arcade, gim berkembang menjadi industri yang nilainya ratusan triliun rupiah. (Foto: abc.net.au)

Mereka berdua adalah pemain dari gim bernama Spacewar!, yang dijalankan di lab universitas. Dari pengalaman Nolan bekerja di taman hiburan, pasangan ini melihat potensi dalam membuat versi arcade dari video gim.

Setelah mengerjakannya selama beberapa tahun, mereka bergabung dengan Nutting Associates, sebuah perusahaan arcade. Permainan mereka, Computer Space, dirilis untuk pertama kalinya untuk uji fisik pada Agustus 1971.

Dibangun dalam kabinet fiberglass, gim penembak ruang angkasa yang sederhana ini dipuji sukses. Video gim arcade pertama telah dibuat.

Namun, bagaimana perjalanan dari bleeps dan bloops dari arcade ke industri yang nilainya lebih dari gabungan industri musik dan film? Berikut sejarah gim selama lima dekade seperti dirangkum dari bbc.com (22/8).

Baca Juga:

Dekade 1970-an: Kelahiran Gim

game
Nolan Bushnell salah satu dari pembuat gim arcade pertama Computer Space. (Foto: techland.time.com)

Setelah rilis Computer Space, lebih banyak gim diproduksi selama dekade ini. Yang paling terkenal adalah Pong, yang meskipun sangat primitif menurut standar saat ini. Gim rilisan Atari terjual 35 ribu unit di seluruh dunia.

Perlu beberapa waktu agar gim rumahan dapat berkembang, tetapi periode ini menjadi dasar, dengan Atari merilis versi Pong yang dapat dimainkan di rumah pada tahun 1975. Mattel juga membuat konsol gim rumahan pada tahun 1979, yang disebut Intellivision.

Dekade 1980-an: Masa Kejayaan Arcade

game
Tetris, Pacman menjadi bagian dari masa kejayaan gim arcade. (Foto: publicbroadcasting.net)

Tahun 1980-an identik dengan arkade hiburan yang dipenuhi lampu neon. Dekade inilah yang memberikan Tetris, Pacman menjadi gim arkade terlaris sepanjang masa. Nintendo juga memanfaatkan pertumbuhan arcade dengan menciptakan maskot ikonik seperti Mario.

Tetapi dekade itu hampir menyaksikan kehancuran industri yang berubah dengan cepat, dalam kehancuran video gim tahun 1983. Kejenuhan pasar dan berkurangnya minat pada gim rumahan membuat pendapatan turun. Namun, kemudian popularitas tahun itu melonjak lagi dengan dirilisnya Nintendo NES, yang terjual 61,9 juta unit.

Dekade 1990-an: Pertempuran, Konsol, dan Kontroversi

game
Perkembangan gim pada era ini ditangkap paling baik di Mortal Kombat tahun 1992. (Foto: thepcgames.net)

Seiring dengan peningkatan grafis dan konsol, gim pada era ini terlihat lebih baik. Perkembangan ini ditangkap paling baik di Mortal Kombat tahun 1992.

Kekerasan grafis dalam permainan mengejutkan keluarga di seluruh dunia. Terlepas dari popularitas gim itu, masalah ini mencapai Senat Amerika Serikat, yang menyeret pengembang gim Midway ke sidang pada 1993. Ini menyebabkan lahirnya pembatasan usia video gim.

Dekade ini juga melihat rilis banyak waralaba terkenal, dari PlayStation hingga Sonic dan Warcraft. Namun, yang paling menonjol adalah dekade Doom. Gim ini menggambarkan seorang prajurit yang melawan iblis di Mars, dan merupakan pelopor dari genre paling terkenal, First Person Shooter, yang membuka jalan bagi Call of Duty dan Battlefield.

Tahun 1990-an diakhiri dengan kegagalan kritis dan komersial Superman 64, untuk Nintendo 64. Gim itu dianggap sebagai salah satu gim terburuk sepanjang masa di tahun 90-an, dan masih menjadi gim terburuk saat ini.

Baca Juga:

Lagi, The Sims 4 Rilis Konten Pack Baru

Dekade 2000-an: Revolusi Daring

game
Gim World Of Warcraft pada tahun 2010 memiliki 12 juta pelanggan aktif. (Foto: bbc.com)

Pada 2000-an, selain menjadi dekade yang membawa The Sims dan gim seluler yang dikutuk banyak orangtua, ini adalah dekade gim daring mendapat nama.

Pada tahun 2001, Microsoft merilis konsolnya sendiri yang disebut Xbox dengan judul andalannya Halo: Combat Evolved. Produk ini sukses besar, yang membantu konsol tersebut menjual jutaan unit.

Sekuelnya tahun 2004, Halo 2, adalah revolusioner yang sebenarnya, karena membawa Xbox Live, yang memungkinkan para gamer di seluruh dunia untuk bersaing dan bermain bersama.

Tahun 2000-an juga merupakan dekade di mana dirilisnya game multipemain masif, World Of Warcraft, yang memungkinkan ribuan orang untuk bermain bersama di dunia fiksi Azeroth. Pada puncaknya pada tahun 2010, gim memiliki 12 juta pelanggan aktif.

Dekade 2010-an: Loot Box dan Indie Darlings

game
Minecraft menjadi gim paling terkenal yang dirilis dalam dekade terakhir. (Foto; minecraft.net)

Gim paling terkenal yang dirilis dalam dekade terakhir tidak diragukan lagi adalah Minecraft. Gim indie 2011, buatan Swedia, telah terjual lebih dari 200 juta unit, tanpa memerlukan grafik atau alur cerita yang mencolok.

Ini menggunakan dunia 3D yang revolusioner dan acak, dengan gaya yang tidak akan salah dalam koleksi Lego. Namun, dekade ini juga melihat peningkatan menonjol dari sejumlah praktik terkenal, terutama munculnya loot boxes.

Meskipun muncul pada awal 2004, produk ini menjadi arus utama pada pertengahan 2000-an seperti banyak gim, seperti Star Wars Battlefront 2 tahun 2017.

Loot boxes ini mengharuskan pemain untuk membayar uang tunai nyata untuk fasilitas dalam gim, tanpa mengetahui apa yang akan mereka terima, yang memberi mereka keunggulan. Sistem ini dijuluki "pay to win" oleh para gamer.

Hubungan antara perjudian dan gim juga menjadi tema besar dekade ini. Satu gim, Counter-Strike: Global Offensive, memanfaatkan aksesoris dalam gim, yang populer di kalangan anak kecil. Namun, banyak situs web mengizinkan pengguna untuk berdagang dan berjudi di sana.

Pada tahun 2016, pengembang Counter-Strike, Valve, mengambil langkah untuk menutup situs web ini dan menghentikan pemain yang menggunakan gim untuk berjudi.

Pada dekade ini kita melihat rilisan Nintendo Switch, hibrida revolusioner dari konsol rumah dan sistem portabel, dan raksasa game Fortnite, game gratis, yang menghasilkan pengembang Epic USD2,4 miliar atau setara dengan Rp34,548 triliun dalam aksesori dan transaksi lainnya pada 2019. (aru)

Baca Juga:

'Asterix & Obelix: Slap them All!' Rilis November 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Class Meeting, Ajang Sportivitas atau Tebar Pesona?
Hiburan & Gaya Hidup
Class Meeting, Ajang Sportivitas atau Tebar Pesona?

Dilakukan ketika akhir semester.

Mengungkap 'Misteri' Tulisan Resep Dokter Sulit Dibaca
Fun
Mengungkap 'Misteri' Tulisan Resep Dokter Sulit Dibaca

Maka kecepatan berpikir tidak diimbangi kecepatan jari jemarinya.

Hadiah Rp7 Miliar yang Bisa Menemukan Anjing Lady Gaga
ShowBiz
Hadiah Rp7 Miliar yang Bisa Menemukan Anjing Lady Gaga

Segera kirim ke email KojiandGustav@gmail.com.

Lagu Religi yang Selalu Terhubung dengan Ramadan
ShowBiz
Lagu Religi yang Selalu Terhubung dengan Ramadan

Lagu-lagu reliji yang selalu dikaitkan pada bulan suci Ramadan.

Pandemi Belum Usai, 5.000 Orang Hadiri Konser Musik di Spanyol
Fun
Pandemi Belum Usai, 5.000 Orang Hadiri Konser Musik di Spanyol

Sekitar 5.000 orang menghadiri konser musik di Barcelona, Spanyol.

Disney Plus Melesat di Antara Platform Streaming Premium di Asia Tenggara
Fun
Foo Fighter Bakal Rilis Single Anyar di Februari 2021
ShowBiz
Foo Fighter Bakal Rilis Single Anyar di Februari 2021

mengeluarkan satu single berjudul Waiting On A War, dari album Medicine At Midnight yang akan rilis pada 5 Februari 2021 mendatang.

'The Bins Culture Vol.2' Gaungkan Kaus Vintage ke Khalayak Luas
Fashion
'The Bins Culture Vol.2' Gaungkan Kaus Vintage ke Khalayak Luas

The Bins Culture kembali dengan skala yang lebih besar di Senayan Park Jakarta.

'Tamvan' Bermodalkan Busana Made in Negeri Aing
Fun
'Tamvan' Bermodalkan Busana Made in Negeri Aing

Brand busana negeri aing gak kalah keren dengan luar negeri.

Siap-Siap, 2PM Segera Comeback Lewat Album Baru
Hiburan & Gaya Hidup
Siap-Siap, 2PM Segera Comeback Lewat Album Baru

Menjadi momentum yang ditunggu-tunggu para HOTTEST.