Pemuda, 'Healing' Tak Harus 'Travelling' Situasi yang tak mendukung, membuat Lala lebih memilih hotel sebagai tempat untuk menghabiskan waktunya. (Unsplash_Lesly Juarez)

TAK pernah terbayangkan sebelumnya. Rumah yang biasanya hanya dijadikan sebagai tempat singgah akibat terlalu sibuk bekerja, kini menjadi satu-satunya tempat teraman karena pandemi. Walau begitu, rumah belum jadi tempat ternyaman bagi Lala.

Rumah sekaligus bengkel yang tak pernah sepi pengunjung, membuatnya tak pernah bisa mengetahui bagaimana keheningan. Bahkan tak jarang, ia diminta pula untuk membantu orang tuanya menjaga bengkel. "Ini udah aku lakuin sejak kecil sih, tapi gak tau kenapa sekarang tuh lagi butuh banget me time," ujar Lala dengan hembusan napas yang terdengar lebih berat.

Tumpukan oli hingga pelek roda kendaraan bermotor menjadi pemandangan sehari-hari Lala sejak dulu. Kini di usia 21 tahun, pemandangan yang sama masih menemaninya saat harus bekerja dari rumah.

Adanya keterbatasan biaya dan situasi tak mengurungkan niat Lala untuk memanjakan dirinya sejenak. Tanpa pikir panjang, tangan Lala langsung meraih ponsel pintarnya yang berada di meja samping kasurnya. Jarinya mengetuk aplikasi pemesanan perjalanan untuk memeriksa harga menginap di hotel. Ia membulatkan tekad hari ini ia harus staycation.

Bukan hotel berbintang di pusat kota yang jadi tujuannya. Untuk saat ini ketenangan adalah prioritasnya. "Sekarang yang penting bisa kerja di tempat yang hening gitu, soalnya paling gak bisa kalau kerja di tempat ramai. Semoga nanti bisa deh nginep di hotel bintang lima gitu," ujar Lala disertai dengan kekehan.

Setelah mengecek saldo tabungan dan mengantongi izin dari kedua orang tuanya, pemudi yang ingin menghilangkan kepenatan ini langsung memesan satu kamar di hotel yang berjarak tak jauh dari rumahnya. Setelah berhasil memesan, dirinya mulai mengemas pakaian yang akan digunakannya selama tiga hari ke depan.

Tak ingin mengganggu sang ayah yang sedang disibukkan oleh beberapa pelanggannya, Lala memilih untuk mengendarai sepeda motor milik sang ayah. SIM sudah lama tersimpan di dompet biru muda miliknya, namun nyalinya yang ciut saat berhadapan dengan kendaraan lainnya membuatnya tak pernah berani mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Namun tak lama Lala berkendara, bangunan hotel yang ia tuju sudah terlihat. Lala hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai ke hotel yang ditujunya. Lala segera mempercepat laju sepeda motornya. Setelah sepeda motor hitam miliknya terparkir, ia langsung menuju meja resepsionis untuk mendapatkan kunci kamarnya.

Saat pertama kali tiba membuka pintu kamarnya, aroma khas hotel yang bersih dan sedikit lembap menyambut Lala untuk masuk. Tak mewah memang, namun setidaknya hotel ini memiliki kasur yang cukup luas dan kamar yang bersih. Dan yang utama, Lala bisa merasakan keheningan. Suasananya benar-benar melenakan.

Entah kapan terakhir kali Lala dapat merasakan ketenangan seperti ini. Bahkan saat ini, Lala dapat mendengar detak jarum jam yang menghiasi kamar hotel tersebut. Sederhana memang, namun hal ini membuat Lala merasa lebih tenang dan nyaman.

Setelah puas menikmati suasana kamar, Lala mulai membersihkan dirinya sebelum nantinya Lala akan mendaratkan tubuhnya di kasur hotel yang nyaman. Air panas yang kencang menjadi salah satu kenikmatan sendiri yang membuat Lala betah berlama-lama di kamar mandi. Tak hanya sekedar menggunakan sabun, Lala juga membersihkan dirinya dengan scrub badan yang telah dibelinya jauh-jauh hari.

Setelah mengenakan pakaian ternyaman yang telah dibawanya, Lala mulai melepaskan handuk putih yang berada di kepalanya. Setelahnya, secara perlahan dirinya mulai mendaratkan tubuhnya di kasur yang terasa dingin karena penyejuk ruangan dalam kamar telah dinyalakannya sedari tadi.

Tanpa tersadar, Lala mulai terlelap karena suasana ruangan yang begitu nyaman. Seluruh tubuhnya dibalut selimut putih tebal dengan satu bantal berada di bagian dadanya yang didekap begitu erat. Setelah menghabiskan waktunya untuk tidur, Lala terbangun dengan senyum di bibirnya. Lala menjadi jagoan versinya, yang berhasil menghilangkan kepenatan dengan memanjakan diri lewat staycation.

"Wah aku gak tau ya kenapa kalau di hotel itu tidurnya terasa lebih enak. Mungkin aku harus sering-sering kali ya ke hotel buat healing diriku sendiri," pungkasnya. (cit)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jelang Ramadan Yura Yunita Rilis Single ‘Tenang’
ShowBiz
Jelang Ramadan Yura Yunita Rilis Single ‘Tenang’

Dengan single ini, Yura coba mengutarakan percakapan batinnya.

Suga BTS Memproduseri ‘Over the Horizon’ untuk Samsung
ShowBiz
Suga BTS Memproduseri ‘Over the Horizon’ untuk Samsung

Menurut perwakilan Samsung, Suga BTS adalah orang yang tepat untuk mengaransemen ulang musik ini.

Tindakan Gila Fan Sasaeng Demi Mendekati Idola K-Pop di Pesawat
ShowBiz
Tindakan Gila Fan Sasaeng Demi Mendekati Idola K-Pop di Pesawat

Pramugari ungkap tindakan gila fan sasaeng untuk mendekati idola K-Pop.

Waspada Maraknya 'Phising' di Tengah Pandemi
Fun
Waspada Maraknya 'Phising' di Tengah Pandemi

Masyarakat harus waspada terhadap maraknya Phising di tengah pandemi yang marak terjadi

Semoga 'Lokapala' di PON Papua XX 2021 Menginspirasi Developer Lokal
Fun
Semoga 'Lokapala' di PON Papua XX 2021 Menginspirasi Developer Lokal

Lokapala dipertandingkan di Pon Papua XX 2021.

Siap-Siap, Netflix Hadirkan Sederet Film Seru di September 2021
ShowBiz
Siap-Siap, Netflix Hadirkan Sederet Film Seru di September 2021

4 rekomendasi Film seru yang akan rilis September 2021.

Jared Leto Ngaku Sudah Tulis 100 Lagu untuk 30 Second to Mars
ShowBiz
Jared Leto Ngaku Sudah Tulis 100 Lagu untuk 30 Second to Mars

Leto mengungkapkan bahwa telah menghabiskan banyak waktu untuk fokus pada musik dalam setahun terakhir.

Kulit Wajah Sehat dengan Facial Steam
Fun
Kulit Wajah Sehat dengan Facial Steam

Facial steam bisa dilakukan di rumah.

Squid Game Hadir di Roblox
Fun
Squid Game Hadir di Roblox

Roblox menciptakan kembali banyak game yang diadaptasi dari serial dari sutradara Hwang Dong-hyuk.

Gegayaan Senior Kalau Ada Anak Magang, Caper Abis
Fun
Gegayaan Senior Kalau Ada Anak Magang, Caper Abis

Diangkat berdasarkan kehidupan nyata.