Inspirasi
Pasti Sukses, 5 Pelajaran Bisnis dari Film The Greatest Showman The Greatest Showman terinspirasi dari tokoh nyata. (Foto Culturenl)

PHINEAS Taylor Barnum membuktikan kepandaiannya dalam mengambil kesempatan bisnis pada sektor hiburan yang berujung sukses di abad ke-19. Padahal tadinya ia hanyalah seorang anak tukang jahit.

Taktik marketing yang brilian dari P.T Barnum ini berhasil menginspirasi 20th Century Fox untuk menciptakan film The Greatest Showman yang diperankan oleh beberapa artis papan atas seperti Hugh Jackman, Zac Efron, Zendaya, dan Michelle Williams. Karakter Barnum diperankan oleh Jackman.

Baca jugaL

Belajar Trik Bisnis dari Film 'The Founder'

Selain dibuat takjub dengan musikalitasnya yang tinggi dan atraksi-atraksi sirkus yang memukau, film The Greatest Showman juga mengandung beberapa pelajaran bisnis yang bisa memotivasi kita. Apalagi di saat pandemi COVID-19 yang membuat perekonomian menjadi terpuruk. Berikut lima pelajaran bisnis dari film ini:

1. Motivasi bangkit

The Greatest Showman. (Foto 21 Century Fox)
The Greatest Showman. (Foto: 21 Century Fox)

Beranilah bermimpi besar. Ketika ide-idemu ditertawakan oleh orang lain, jangan hiraukan dan teruslah berusaha. Barnum ialah laki-laki miskin yang jatuh cinta dengan seorang gadis yang kaya raya.

Karena tidak mendapatkan restu dari ayah sang kekasih, Barnum menjadi pribadi yang pekerja keras dan penuh mimpi agar bisa memberikan kehidupan makmur.

Kesenjangan sosial yang sangat berjarak antara dirinya dan kekasih memotivasi Barnum untuk meraih mimpinya yang besar, apapun yang terjadi.

2. Ambil kesempatan

Barnum diperankan oleh Hugh Jackman. (Foto Billboard)
Barnum diperankan oleh Hugh Jackman. (Foto: Billboard)

Selain pekerja keras, Barnum juga memiliki otak bisnis yang cemerlang. Ia mampu melihat peluang yang tidak disadari oleh orang-orang pada zamannya.

Barnum menyadari bahwa saat itu, hiburan dan kesenangan hanya merupakan privilege yang dimiliki orang-orang kaya. Maka dari itu, orang-orang kelas menengah dan ke bawah di kota New York pastinya haus akan hiburan dan kesenangan setelah melewati aktivitas sehari-hari mereka yang membosankan.

Akhirnya, Barnum menggabungkan fantasi, 'keanehan' dan keberaniannya untuk menghibur orang-orang biasa. Dalam film ini, kita bisa menyadari bahwa salah satu hal terpenting adalah mengetahui pangsa pasar dan mengisi celah yang hadir di tengah-tengah mereka.

3. Kolaborasi

The Greatest Showman diperankan juga oleh Zac Efron dan Zendaya. (Foto Culturenl)
The Greatest Showman diperankan juga oleh Zac Efron dan Zendaya. (Foto: Culturenl)

Barnum bekerjasama dengan orang-orang yang terasingkan karena keanehan mereka. Mulai dari perempuan berjenggot sampai orang kerdil, Barnum melihat kekurangan mereka sebagai kelebihan.

Hal ini serupa dengan berbisnis di kehidupan nyata. Cari orang-orang berpotensi, berkualitas, dan tepat untuk membentuk sebuah tim. Gunakan talenta-talenta unik mereka untuk menyempurnakan tim dan terus melangkah maju.

Seseorang juga cenderung akan menyadari potensi diri mereka sendiri ketika tergabung dalam sebuah tim yang positif dan terus berkembang.

Baca juga:

Kiat Bersaing Sehat dalam Bisnis

4. Berani bertindak

Jenny dan Barnum di The Greatest Showman. (Foto Pinterest)
Jenny dan Barnum di The Greatest Showman. (Foto: Pinterest)

Ketika kehilangan pekerjaan, Barnum berhasil mendapatkan pinjaman bank yang besar dengan menempatkan aset perusahaan sebagai jaminan. Barnum berhasil mengelabui bank karena sesungguhnya perusahaan itu sudah bangkrut.

Kemudian, ia menggunakan uang ini untuk membeli sebuah bangunan yang awalnya sebagai museum, sampai menjadi sirkus sukses.

Film ini menunjukkan bahwa Barnum tidak takut untuk 'berenang melawan arus' dan menjalankan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Tapi tidak perlu mencontoh Barnum menipu bank ya. Tiru keberaniannya dalam mencoba peruntungan.

5. Menjual diri

PT Barnum dan Hugh Jackman. (Foto Vanity Fair)
PT Barnum dan Hugh Jackman. (Foto: Vanity Fair)

Barnum juga memiliki julukan the king of advertising. Baik dari kisah kehidupannya di realita maupun di film The Greatest Showman, kunci kesuksesan Barnum adalah self-promotion.

Bahkan saat ini, self-promotion merupakan bagian yang vital untuk meraih karir yang sukses, apalagi di industri kreatif.

Barnum memperhatikan detil-detil poster mulai dari warna yang mencolok, huruf yang di-bold, dan pernyataan-pernyataan berani demi menarik calon audiens. Ketika diperlihatkan poster promosi yang cukup besar, Barnum bersikeras untuk membuatnya lima kali lebih besar.

Kepercayaan diri Barnum yang sangat tinggi membuatnya berani mengambil risiko dan menjadikan bisnis sirkusnya semakin lancar.

Kepandaian Barnum dalam berbisnis juga mempengaruhi karir Jenny Lind. Perempuan tersebut merupakan penyanyi opera asal Swedia yang belum dikenal di pasar Amerika Serikat.

Berkat kepintaran Barnum, konser Lind berhasil menghadirkan 30.000 orang yang padahal belum pernah mendengar nama Jenny Lind.

Film ini sesungguhnya benar-benar mendemonstrasikan pentingnya advertising dalam sebuah bisnis. "without promotion, something terrible happens: nothing", ungkap Barnum. (shn)

Baca juga:

3 Cara Ampuh Agar Ide Bisnismu Tidak Mudah Ditiru Orang

Penulis : shenna shenna
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pangeran Harry dan Meghan Markle Kembalikan Pajak Warga Inggris
ShowBiz
Pangeran Harry dan Meghan Markle Kembalikan Pajak Warga Inggris

Mereka mengembalikan uang pajak warga Inggris yang dipakai untuk membiayai renovasi Frogmore Cottage.

Mengenal Gambaran Umum Tentang Modal Usaha Makro lewat IDBYTE-X: VC Series
Fun
Mengenal Gambaran Umum Tentang Modal Usaha Makro lewat IDBYTE-X: VC Series

Mengetahui seluk-beluk usaha makro untuk investasi yang tapat lewat IDBYTE-X: VC Series.

Sebelum Robert Downey Jr. Peran Iron Man Diberikan Pada Aktor Ini
ShowBiz
Sebelum Robert Downey Jr. Peran Iron Man Diberikan Pada Aktor Ini

Agaknya memang hanya Robert Downey Jr., yang beruntung.

Walt Disney World AS Kurangi Jam Operasional Taman Hiburan
Travel
Blue Angel, Gitar langka Prince Dihargai Rp7,3 Miliar
ShowBiz
Blue Angel, Gitar langka Prince Dihargai Rp7,3 Miliar

Akan dilelang pada 20 Juni 2020 oleh Julien's Auctions Music Icons

PS 5 Mendengung di Kolab Sony x Burger King
Fun
PS 5 Mendengung di Kolab Sony x Burger King

Suara booting startup PS 5 itu dibungkus dalam kolaborasi bersama restoran ternama.

Seberapa Kece Lagu Berbahasa Inggris Keluaran Terbaru Tiga Grup Idola K-pop?
Hiburan & Gaya Hidup
Seberapa Kece Lagu Berbahasa Inggris Keluaran Terbaru Tiga Grup Idola K-pop?

LIRIK lagu berbahasa Inggris jadi trending baru di kalangan grup idola K-Pop.

Jauhi Orang Dengan Ciri-Ciri Berikut, Mereka Berbahaya
Fun
Jauhi Orang Dengan Ciri-Ciri Berikut, Mereka Berbahaya

jika ada sesuatu yang tampak "aneh" percayalah pada nalurimu.

Selalu Berada di Hubungan yang Toksik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Fun
Idap Penyakit Langka, Perempuan Muda Tak Bisa Kenali Wajah Sendiri di Cermin
Hiburan & Gaya Hidup
Idap Penyakit Langka, Perempuan Muda Tak Bisa Kenali Wajah Sendiri di Cermin

Perempuan bernama lengkap Lena Ash mengidap prosopagnosia, kondisi langka yang membuat tak bisa mengenali wajah, termasuk wajahnya sendiri.