Menangi Persaingan
Belajar Trik Bisnis dari Film 'The Founder' Kisah Ray Kroc dalam membangun McDonald's bisa menginspirasi. (foto: lwlies.com)

RESTORAN saji cepat sebesar McDonald's tak diabngun dalam semalam. Ada kisah panjang di balik kesuksesan restoran favorit banyak keluarga dunia itu. McDonald's Corporation didirikan pada 1940. Kantor pusatnya ada di Chicago, Illinois. Melansir Forbes, per 31 Desember 2019, perusahaan kuliner itu memiliki 38.695 restoran di seluruh dunia.

Lewat film The Founder, kita bisa melihat bagaimana bisnis waralaba ini dibangun. The Founder berfokus pada kisah Ray Kroc (Michael Keaton). Awalnya, Kroc hanya penjual alat pembuat milkshake. Namun, ide kreatif dan keberaniannya membuatnya menjadi founder McDonald's.

BACA JUGA:

Kiat Bersaing Sehat dalam Bisnis

Meskipun demikian, Ray Kroc bukanlah penemu McDonalds. Dua saudara McDonald, yaitu Richard James McDonald (Dick McDonald) dan Maurice James McDonald (Mac McDonald) ialah pendiri awal restoran burger ini. Di tangan Kroc, bisnis kuliner ini dikembangkan dengan nama McDonalds. Berkat Kroc lah restoran saji cepat ini punya ribuan cabang.

Kisah bisnis ini berawal dari bekerja sama. Namun, sifat Kroc yang sangat ambisius dan terkesan gila kesuksesan membuatnya mengkhianati para McDonalds bersaudara.

Walau banyak yang membenci karakter Kroc, The Guardian menulis pelanggan restoran yang sebenarnya tetap bahagia. Lewat film ini, kita diajak melihat bagaimana bisnis bisa kasar dan kekuatan pasar tidak dapat dihindari.

Nah, setelah nonton The Founder, kamu mungkin mendapati nasihat dan pelajaran bisnis yang bisa kamu sontek dari Richard James McDonald, Maurice James McDonald, dan Ray Kroc.

1. Berani dan Inovatif

the founder
Menjadi inovatif. (The Founder)

Pada tahun 1940-an, restoran drive-in sedang tren. Para saudara McDonald telah sukses dengan restoran drive-in mereka. Keduanya berani berinovasi dengan membuat restoran makanan sajii cepat. Walaupun awalnya restoran itu tidak sukses, kegigihan mereka membuat Mcdonalds menjadi restoran yang dikenal pada tahun itu.

Mereka juga memiliki mesin yang revolusioner untuk membantu melakukan pekerjaan lebih cepat, seperti dispenser saus tomat dan mayonaise yang mereka buat secara khusus.

2. Sabar dan Sempurnakan Ide Bisnismu

the founder
Investasikan waktu untuk pengembangan.(unsplash @joia15)

Para saudara McDonalds menghabiskan banyak waktu menganalisis dan menguji setiap desain restoran mereka. Terdapat satu adegan di film The Founder saat para saudara McDonalds menggambar layout restoran mereka pada lapangan tenis.

Mereka menguji setiap iterasi desain dengan meminta beberapa remaja untuk berpura-pura sedang memasak burger. Dengan melakukan hal itu, mereka berhasil menemukan kesalahan yang dapat merugikan dan menggagalkan ide mereka.

3. Berikan Solusi

the founder
Berikan solusi bagi pelanggan. (foto: chestnuthill local)

Karena tren restoran drive-in, banyak orang harus mengantre dan menunggu lama di mobil. Bukan seperti drive through saat ini. Dulu, pembeli akan tunggu ngantre di mobilnya dan seorang pelayan akan menghampiri mobil untuk memberi pesananmu.

Solusi yang diberikan saudara McDonalds ialah dengan makanan saji cepat. Dari yang biasanya mereka harus menunggu 30 menit untuk makanan, berubah menjadi 30 detik.

4. Bekerja dengan Orang yang Tepat

the founder
Pastikan rekan bisnis tepat. (Pinterest Jose Alicea)

Dalma film, Kroc mengkhianati saudara McDonald dan tidak memberi mereka kredit yang pantas mereka terima. Walaupun Kroc menjadi faktor utama besarnya McDonalds, penemu restoran dan ide tetaplah McDonald bersaudara.

Kroc menyebut dirinya sebagai pendiri restoran saji cepat McDonald's. Para McDonald bersaudara juga tidak menerima banyak keuntungan.

Salah siapa? Karena film ini, banyak orang jadi sangat membenci Kroc dan menganggapnya sebagai pencuri. Namun kenyataannya, McDonald bersaudara juga andil dalam hal itu. Mereka setuju untuk memberinya hak atas merek McDonald's.

5. Terbuka dan Mau Terima Ide Orang Lain

idea
Buka pikiran untuk ide dari siapa saja. (Foto: pixabay/terovesalainen)

Saat mengalami kesusahan, Kroc bertemu dengan beberapa ahli seperti Harry Sonneborn, seorang ahli keuangan yang memberinya perspektif baru. Sonneborn menunjukkan cara lain untuk menghasilkan uang dari kesepakatan dengan saudara McDonald tentang penjualan hamburger dan pewaralaba.

6. Berhati-hati dan Teliti saat Berkontrak

business
Teliti baca kontrak. (foto: pixabay/rawpixel)

Dirumuskan laman Entrepreneur, Kroc awalnya menyetujui kontrak yang menetapkan semua keputusan bisnis harus melalui McDonald bersaudara. Namun, akhirnya alih-alih menulis kesepakatan untuk memberikan 1% dari pendapatan McDonald's kepada McDonald bersaudara, Kroc menawarkan kesepakatan 'jabat tangan' daripada kontrak tertulis.

Film tersebut menunjukkan McDonald bersaudara secara hukum dilarang menggunakan nama belakang mereka sendiri pada papan nama restoran mereka. Alasannya, mereka tidak dapat membuktikan perjanjian jabat tangan tersebut. Dengan begitu, mereka tidak mendapatkan royalti 1% itu dari restoran McDonald's.

7. Kegigihan dan Keinginan untuk Menjadi Lebih Baik

business
Kegigihan jadi kunci. (foto: pixabay/whitesession)

Tips terakhir dan paling penting, yaitu kegigihan atau ketekunan. Film The Founder menekankan hal ini.

"Saya tahu apa yang kamu pikirkan. Bagaimana seorang penjual mesin milkshake berusia 52 tahun dapat membangun kerajaan makanan saji cepat dengan 16.000 restoran di 50 negara bagian, 5 negara asing, dengan pendapatan tahunan sebesar US$700 juta? Satu kata, ketekunan," ucap Kroc dalam film The Founder.

Ray Kroc tidak miskin sebelum ia bekerja sama dengan McDonald bersaudara. Namun, saat mengunjungi restoran McDonald bersaudara, ia terinspirasi dan ingin berbisnis dengan mereka. Berbisnis dengan McDonald bersaudara juga tidak gampang dan melewati banyak tekanan.

Richard James McDonald, Maurice James McDonald, dan Ray Kroc baru mulai kesuksesan saat mereka umur 45 hingga 50-an. Bisa dibayangkan jika mereka menyerah di tengah jalan? Bisa jadi saat ini McDonald's tidak akan pernah ada.

Sifat ketekunan dan tidak gampang menyerah Kroc menjadi salah satu sifat unggul yang harus dimiliki setiap pengusaha.(lev)

BACA JUGA:

3 Cara Ampuh Agar Ide Bisnismu Tidak Mudah Ditiru Orang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hati-Hati Kebanyakan Tidur Berakibat Kematian
Fun
Hati-Hati Kebanyakan Tidur Berakibat Kematian

Tidurlah dengan pola waktu tidur yang disarankan dokter.

Remitansi Berbasis Teknologi Hadir di Tengah Pandemi Corona
Fun
Remitansi Berbasis Teknologi Hadir di Tengah Pandemi Corona

Pekerja Migran Indonesia dan Pelaku UKM bisa mentransfer dana dengan cepat.

Awas! Ganti Kampas Rem Berdampak pada Disk Rem
Fun
Awas! Ganti Kampas Rem Berdampak pada Disk Rem

Kampas rem sangat vital namun penggantiannya harus sesuai dengan spesifikasi.

Tetap Nyaman Pakai High Heels
Fashion
Tetap Nyaman Pakai High Heels

High heels menjadi salah satu sepatu kegemaran banyak perempuan.

Mamalia Betina Hidup Lebih Lama Ketimbang Jantan
Hiburan & Gaya Hidup
Mamalia Betina Hidup Lebih Lama Ketimbang Jantan

Mamalia betina hidup lebih lama daripada jantan dalam 60% kasus.

Lakukan Perawatan Kulit ini Saat Usia 40-an
Fun
Lakukan Perawatan Kulit ini Saat Usia 40-an

Perawatan ekstra sangat perlu dilakukan pada usia ini.

Disneyland Hong Kong kembali Dibuka
Travel
Disneyland Hong Kong kembali Dibuka

Aturan baru diterapkan.

Sering Dicurigai Karena Sifatnya, Zodiak Ini Mampu Membalikkan Keadaan
Fun
Sering Dicurigai Karena Sifatnya, Zodiak Ini Mampu Membalikkan Keadaan

Zodiak --zodiak ini mampu mengatur kekurangannya.

Yuk Ikutan! Dewa United Esports Gelar 'Battle of Gods', Turnamen Esports Berhadiah Rp150 Juta
Fun
Membuka MTV VMA 2020, The Weeknd Tampil 300 Meter di Atas Kota New York
ShowBiz
Membuka MTV VMA 2020, The Weeknd Tampil 300 Meter di Atas Kota New York

Pandemi COVID-19 ternyata tidak menghalangi sejumlah penyanyi menampilkan lagu-lagu terbaik mereka di MTV VMA 2020.