5 Pantai Paling Populer di Pulau Belitung Pulau Leebong menjadi mutiara Belitung yang terpendam (Foto: MP/Gregory Bionde)

SEMENJAK dipakai syuting film Laskar Pelangi di tahun 2008, Pulau Belitung di Provinsi Bangka Belitung mulai dikenal sebagai tempat dengan pantai indah berpasir putih. Hingga saat ini banyak orang yang berkunjung ke sana hanya untuk melihat deburan ombak di pantai.

Di Pulau Belitung sendiri ada banyak pantai favorit. Setiap pantai memiliki ciri khasnya sendiri, mulai dari bebatuan besar seperti di film Laskar Pelangi, hingga mercusuar yang berdiri tegak di pinggir pantai.

Nah, kali ini merahputih.com akan merangkum 5 pantai paling favorit yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai apa saja itu? Berikut ulasannya.

Pantai Tanjung Kelayang

Instagram/yolamstka
(Foto: Instagram@yolamstka)

Pantai yang berjarak 37 km dari Kota Tanjung Pandan ini bisa dibilang menjadi pantai yang diburu oleh para pelancong. Dengan karakteristik Ppantai Pulau Belitung yakni terdapat bebatuan besar, pantai ini bisa menjadi spot foto menarik. Dari Pantai Tanjung Kelayang kamu bisa berkeliling ke beberapa pulau.

Pantai Pulau Lengkuas

Instagram/shintaellyyana
(Foto: Instagram@shintaellyyana)

Selain Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas juga menjadi ikon Belitung. Di sini terdapat sebuhan mercusuar setinggi 50 meter yang telah dibangun sejak 1882. Pulai ini memiliki deburan ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk bermain air dan pasir Pulau Lengkuas bisa dikunjungi dengan menaiki perahu dari Tanjung Kelayang.

Pantai Tanjung Tinggi

Instagram/putriyulandariii
(Foto: Instagram@putriyulandariii)

Tak jauh dari Tanjung Kelayang, terdapat sebuah pantai yang tak kalah indah bernama Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini sempat dijadikan syuting film Laskar Pelangi sehingga membuatnya dijuluki Pantai Laskar Pelangi. Seperti Tanjung Kelayang, di Tanjung Tinggi memiliki bebatuan menjulang tinggi. Terdapat pula penginapan dan pusat kuliner di sana.

Pantai Pulau Kepayang

Instagram/marchaelappetite
(Foto: Instagram@marchaelappetite)

Pantai Pulau Kepayang bisa kamu kunjungi dari Tanjung Kelayang. Biasanya Pulau Kepayang dan Pulau Lengkuas menjadi satu paket ketika kamu menyewa satu buah perahu. Di sini terdapat sudut yang ciamik untuk dijadikan latar berfoto.

Pantai Pulau Leebong

Instagram/patriciajessica
Instagram/patriciajessica

Pantai di pulau ini memang menakjubkan. Sesampainya di Pulau Leebong, kamu akan disambut dengan pemandangan hutan mangrove. Menariknya, pulau ini bak pulau pribadi yang cukup sepi. Jadi bisa dibilang liburanmu tak akan terganggu. Tak hanya itu ada juga rumah pohon yang menyatu dengan pohon hidup.

Nah itulah lima pantai yang paling indah dan paling diburu saat ke Belitung versi merahputih.com. (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Spot Asyik Lihat Sunset di Bali

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH