Kecantikan

5 Manfaat Minyak Biji Wortel bagi Kesehatan Kulit

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 11 November 2023
5 Manfaat Minyak Biji Wortel bagi Kesehatan Kulit
Minyak biji wortel bermanfaat untuk kecantikan.(foto: pexels, mali maeder)

MINYAK biji wortel tengah disorot berkat khasiatnya untuk kecantikan alami. Diketahui, minyak biji wortel membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan kulit. Sebagai hasil dari ekstraksi biji wortel nan kaya akan nutrisi, minyak ini telah menjadi bahan utama dalam produk perawatan kulit yang mengedepankan kebaikan alam.

Seperti dikabarkan Alodokter, minyak biji wortel memang belum seterkenal minyak esensi lain. Padahal, manfaatnya bagi kesehatan, terutama kulit sangatlah banyak. Minyak biji wortel merupakan jenis minyak esensial yang biasanya digunakan dalam campuran produk kosmetik atau perawatan wajah.

BACA JUGA:

Cara Alami Rawat Rambut dengan Minyak Esensial

Sering kali, minyak biji wortel dianggap sama dengan minyak wortel. Nyatanya keduanya diekstrak menggunakan bahan yang berbeda. Minyak biji wortel diekstrak dari biji wortel, sedangkan minyak wortel termasuk minyak sayur yang dibuat dengan cara mengekstrak wortel dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Meski tidak sepopuler minyak lavender, chamomile, atau peppermint, minyak biji wortel ini memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini lima manfaat minyak biji wortel jika rutin digunakan.

kulit
Minyak biji wortel dapat memperkuat skin barrier.(Foto: pexels, ximena mora)

1. Mencegah kulit dari infeksi bakteri


Penelitian ini menunjukkan adanya efek antimikroba dari minyak biji wortel. Salah satu jenis yang bisa dihambat pertumbuhannya melalui minyak ini yakni Staphylococcus aureus.

2. Mencegah kulit dari infeksi jamur

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa minyak biji wortel mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Jamur ini dampaknya bisa menginfeksi area tubuh mana pun, termasuk kulit. Jika infeksi di bagian kulit, jamur ini bisa menyebabkan munculnya sejumlah keluhan, seperti ruam gatal, bersisik, dan nyeri.

BACA JUGA:

5 Kombinasi Minyak Kelapa untuk Atasi Kantung Mata

3. Memperkuat skin barrier


Jika skin barrier kamu rentan mengalami kerusakan disebabkan penuaan, penyakit tertentu, atau paparan radikal bebas, kamu bisa memanfaatkan minyak biji wortel yang nantinya akan bertindak sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan.

kulit
Minyak biji wortel mengurangi risiko paparan sinar matahari.(foto: pexels, angela roma)

4. Mengurangi risiko paparan sinar matahari

Kulit kamu juga butuh pelindung dari paparan UV dari sinar matahari. Terpapar sinar yang berlebihan dapat membuat kulit kusam, muncul flek hitam, dan lainnya. Guna meminimalkan risiko ini, kamu bisa menggunakan minyak biji wortel ke dalam skincare harian kamu sebagai tambahan dari sunscreen.

5. Meminimalkan penuaan


Dengan kehebatan yang mampu menangkal paparan UV, dengan rutin menggunakan minyak biji wortel kamu dianggap dapat membuat kulit kamu terlihat lebih awet muda. Karena tidak hanya antioksidan yang terkandung, tetapi juga memiliki kandungan radikal bebas yang dipercaya mampu memperlambat kemunculan tanda penuaan di wajah.(zvw)

BACA JUGA:

Yuk, Kenali Wisata Edukasi Tanaman Aromatik Khas Indonesia

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan