Kesehatan

5 Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Tubuh

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 30 Maret 2023
5 Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Tubuh
Air rendaman kurma dipercaya dapat membuat tubuh menjadi segar dan berenergi serta mengandung berbagai nutrisi. (Foto: Instagram/@don_masak)

KURMA makanan ajaib beribu fungsi. Mudah diperoleh dan gampang diolah. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kurma juga bisa diolah lewat air rendamannya, loh.

Air rendaman kurma atau disebut juga air nabeez memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Air nabeez sebenarnya mirip dengan infused water pada umumnya. Air ini juga memakai buah yang direndam air selama semalaman untuk memberikan aroma dan rasa pada air tersebut.

Air rendaman kurma ini dipercaya dapat membuat tubuh menjadi segar dan berenergi. Air ini juga mengandung berbagai nutrisi yang banyak bermanfaat bagi tubuh.

Cara membuat air nabeez cukup mudah. Campurkan irisan kecil buah kurma ke dalam air matang dan simpan pada wadah yang tertutup rapat.

Kemudian diamkan selama 8-12 jam di dalam kulkas. Pastikan kamu tidak merendam air nabeez lebih dari sehari dan jangan meminum air rendaman kurma yang sudah direndam selama dua atau tiga hari.

Melansir laman Sehatq, setidaknya ada lima manfaat air nabeez yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Baca juga:

Susu Kurma Bikin Awet Muda

air rendaman kurma
Kurma memiliki rasa yang manis, ternyata kurma tidak memicu naiknya gula darah pada tubuh. (Foto: Freepik/Kamranaydinov)

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kurma adalah buah yang baik untuk sistem pencernaan. Begitu juga dengan air rendamannya. Air ini dapat memperlancar sistem pencernaan saat menjalani puasa.

Air nabeez dapat membantu pembuangan sisa metabolisme dari tubuh yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, air nabeez juga memberikan manfaat yang baik untuk lambung. Air ini dapat menetralkan asam lambung sehingga mencegah asam lambung naik saat puasa.

2. Membantu Proses Detoks

Air nabeez masuk kategori air detoks. Sebagai metode diet, detoks berguna untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan kualitas kesehatan.

Manfaat air nabeez mampu mengeluarkan racun dalam tubuh serupa fungsi infused water lain.

Membuat air rendaman kurma tidak akan menghilangkan nutrisi pada buah kurma, melainkan akan mengeluarkan dan mencampurkan nutrisi buah tersebut dengan air matang selama semalaman.

3. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Meski kurma memiliki rasa manis, ternyata kurma tidak memicu naiknya gula darah pada tubuh. Sebab indeks glikemiknya yang rendah.

Karena itu, kurma justru bisa membantu menstabilkan gula darah. Air rendaman kurma bisa dikonsumsi oleh orang diabetes karena tidak membuat gula darah melonjak secara drastis.

Baca juga:

Konsumsi Sebiji Kurma saat Buka Puasa Datangkan Segudang Manfaat

air rendaman kurma
Minum air rendaman kurma dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh. (Foto: Freepik/Jcomp)

4. Menghidrasi Tubuh

Air nabeez bermanfaat menghidrasi tubuh dan mencegah tubuh dehidrasi. Minuman ini juga lebih sehat dan memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan minuman manis lain seperti minuman bersoda, jus dalam kemasan, atau teh manis.

Tubuh yang memiliki pH asam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan pengeroposan tulang. Apalagi jika selama berpuasa lambung kosong dalam keadaan cukup lama sehingga bersifat asam.

Oleh karena itu, minum air nabeez dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh karena air nabeez mengandung alkali yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

5. Sumber Energi

Air nabeez mampu memberikan manfaat untuk menambah tenaga saat menjalani aktivitas sehari-hari karena kandungan kadar gula yang memadai. Selain itu, minum air nabeez pada saat sahur bisa membantu memberikan energi tambahan bagi tubuh.

Saat menjalankan puasa di bulan Ramadan, minumlah air nabeez saat sahur dan berbuka untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan.

Air nabeez aman dikonsumsi setiap hari dan termasuk minuman yang menyehatkan. Pastikan air dan buah kurma yang digunakan higenis dan dibuat dengan cara yang benar agar terbebas dari kontaminasi. (dgs)

Baca juga:

Konsumsi Kurma agar Sehat Selama Ramadan

#Kurma #Ramadan #Menu Puasa
Bagikan
Bagikan