Kesehatan

Konsumsi Sebiji Kurma saat Buka Puasa Datangkan Segudang Manfaat

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 29 Maret 2023
Konsumsi Sebiji Kurma saat Buka Puasa Datangkan Segudang Manfaat
Selain kaya akan vitamin, mineral, dan serat, kurma juga mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium. (Foto: Freepik/Azerbaijan Stockers)

BUAH kurma kerap jadi hidangan berbuka yang bisa mengembalikan energi yang terbuang selama berpuasa. Ini bukan sekadar tradisi atau kebiasaan, melainkan karena orang percaya kurma memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Kurma memiliki banyak manfaat. Mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga disfungsi seksual dan diare.

Kurma mengandung nutrisi yang tinggi seperti vitamin, mineral, serat, minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium. Ia merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik.

Menurut American Cancer Society, rekomendasi asupan serat harian adalah 20 hingga 35 gram per hari. Jumlah tersebut dapat terpenuhi dengan mengonsumsi kurma.

Konsumsi sebuah kurma per hari juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata seumur hidup. Melansir laman Alodokter, berikut manfaat dan khasiat kurma untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

Baca juga:

Konsumsi Kurma agar Sehat Selama Ramadan

kurma
Kurma sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. (Foto: Freepik/Kjpargeter)

1. Kesehatan Tulang

Kurma mengandung mineral yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Buah ini juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Di dalam kurma juga terdapat selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang-orang lanjut usia (lansia) dan tulang mereka mulai melemah.

Jadi, kamu bisa memakan kurma secara rutin rasakan manfaatnya pada tulang.

2. Membantu Mengatasi Anemia

Kandungan mineral kurma yang sangat tinggi bermanfaat untuk bermacam kondisi kesehatan. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia.

Kurma dapat menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga, dan mengurangi rasa lelah bin lesu.

3. Mengatasi Konstipasi

Manfaat kurma selanjutnya adalah mengatasi konstipasi. Kurma umumnya masuk dalam kategori makanan pencuci perut. Inilah mengapa kurma sering dikonsumsi oleh penderita konstipasi.

Agar efek pencuci perut mencapai tingkat yang diinginkan, rendam kurma dalam air semalam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam sehingga menjadi seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar sehingga dapat menyembuhkan gejala konstipasi.

4. Mengatasi Gangguan Usus


Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus.

Baca juga:

Kurma Aman untuk Pengidap Diabetes

manfaat kurma
Kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam aminonya bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan. (Foto: Freepik/Katemangostar)

5. Mengatasi Alergi


Salah satu kandungan paling menarik dari buah kurma adalah kandungan sulfur organik. Elemen ini bukanlah elemen umum yang bisa ditemukan pada makanan, namun memiliki manfaat kesehatan yang bermanfaat, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

Kurma merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman dikarenakan kontribusi sulfur yang berasal dari kurma.

6. Menaikkan Massa Badan

Kurma mengandung gula, protein, dan vitamin penting lainnya. Jika kurma dikonsumsi bersama dengan adonan mentimun, kamu bisa menjaga berat badan tetap normal, seimbang, dan tidak terlalu kurus.

7. Meningkatkan Energi

Manfaat kurma selanjutnya adalah meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Oleh sebab itu, kurma merupakan camilan yang sangat baik jika kamu memerlukan tambahan energi dengan cepat. Banyak orang mengkonsumsi buah kurma saat mereka merasa ngantuk dan letih. (dgs)

Baca juga:

Jenis Kurma dengan Kualitas Terbaik di Dunia

#Ramadan #Menu Buka Puasa #Kurma #Buah Kurma
Bagikan
Bagikan