5 Makanan dan Minuman Pengganggu Kualitas Tidur

Rina GarminaRina Garmina - Minggu, 08 Oktober 2017
5 Makanan dan Minuman Pengganggu Kualitas Tidur
Alkohol. (Foto: Pixabay)

TAK semua makanan dan minuman bagus untuk tubuh. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat Anda sulit tidur atau menaikkan asam lambung.

Berikut lima jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari menjelang tidur malam.

1. Alkohol

Alkohol dapat membuat Anda tertidur nyenyak dalam sekejap. Tapi jangan terjebak dengan iming-iming ini. Alkohol juga membatasi siklus tidur Rapid Eye Movement atau REM. Artinya, kualitas tidur Anda dapat menurun. Anda bisa saja mengalami mimpi yang tidak menyenangkan atau mengigau.

2. Kafein

Jika bekerja pada malam hari, Anda mungkin membutuhkan kafein pada kopi agar kantuk pergi. Namun, jika ingin segera terlelap, Anda mesti menjauhi kopi, teh, dan cola karena semuanya mengandung kafein.

3. Makanan berlemak

Makanan berlemak dan pedas memang enak. Sebut saja burger keju lengkap dengan bacon atau pizza. Namun, Anda mesti menghindari makanan-makanan seperti itu di malam hari. Menyantap makanan berlemak dan pedas saat makan malam akan mengganggu kualitas tidur Anda.

4. Dark chocolate

Dark chocolate juga dapat mencuri waktu tidur karena kandungan kafein di dalamnya. Cokelat juga mengandung gula dan Theobromonine yang memicu gangguan tidur. Anda lebih baik menikmati white chocolate ketimbang dark chocolate.

5. Grapefruit

Beruntunglah grapefruit tak banyak dijumpai di supermarket dan pasar di Indonesia. Anggota keluarga jeruk ini bisa mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda. Konsumsi grapefruit sebelum tidur juga dapat meningkatkan kadar asam pada lambung dan menyebabkan jantung berdebar.

Nah, malam ini jangan lupa menghindari makanan-makanan tersebut sebelum tidur agar Anda bisa tidur nyenyak di hari terakhir akhir pekan ini. (*)

Simak juga artikel Bangun Di Tengah Malam, Tak bisa Tidur lagi. Apa Kata Pakar?

#Tidur Malam #Menu Makanan #Makanan Sehat
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan