Bangun Di Tengah Malam, Tak bisa Tidur lagi. Apa Kata Pakar? Terbangun di tengah tidur nyenyak membuat sebagian orang tak bisa tidur kembali. (Foto: greatist)

PASTI sangat mengesalkan di tengah tidur nyenyak tiba-tiba terbangun. Mata bukannya kembali tertidur namun malah melek tak mau terkatup lagi. Alhasil badan goleran ke kiri dan ke kanan sambil memandagi langit-langit yang terkena cahaya remang dari luar jendela kamar.

Kemudian muncul kekhawatiran bila tidak kembali tidur, maka esok hari kantuk akan menyerang di kantor. Kemudian dengan segala cara Anda akan berusaha kembali tertidur. Alih-alih kembali tertidur mata malah terbuka lebar. Semakin berusaha semakin terang mata terbuka.

Seperti yang dituliskan pada Wall Street Journal, pakar-pakar tidur menjelaskan ada cara mudah untuk kembali tertidur ketika terbangun di tengah malam. Para pakar itu menyarankan agar mata menjauhi sumber sinar apapun.

Sinar sekecil apapun akan menghentikan hormon melatonin yang mengatur sistem tidur pada tubuh manusia. Hormon tersebut akan berhenti bekerja jika ada sinar dan Anda tidak akan dapat tidur kembali.

Kegelisahan kemudian merebak di kepala yang membuat kembali tertidur semakin sulit. Seperti pakar tidur dari UCLA, Jennifer L. Martin pada laman askmen.com mengatakan bahwa semakin kepala bertanya-tanya, semakin memunculkan kegelisahan yang membuat badan tidak santai. Jangan pernah menghitung domba yang melompati pagar, semakin membuat Anda terjaga.

Ditambah lagi umumnya orang yang tidak bisa tertidur kemudian mengambil gadgetnya. Padahal sinar yang muncul dari gadget semakin membuat hormon melatonin benar-benar terhenti. Padahal Anda berharap akan jatuh tertidur ketika memainkan gadget. Sebaiknya jauhkan gadget dari Anda yang akan menambah permasalahan tidur Anda.

Buatlah diri Anda rileks, membaca buku umumnya dapat membantu untuk kembali tertidur. Namun jangan sekali-kali Anda turun dari tempat tidur untuk mengambil cemilan. Sebab tubuh Anda kemudian akan merekamnya dan menuntut hal yang sama pada malam-malam berikutnya.

Jadi buatlah diri Anda santai untuk kembali tertidur. Selamat tidur! (psr)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH