Padamkan Pertengkaran dengan Pacar, Coba 5 Langkah Jitu Ini Atasi pertengkaran dengan tenang (foto: pixabay/takmeomeo)

DI saat masalah melanda sebuah hubungan, kamu harus menghadapinya dengan tenang. Dengan begitu, pertengkaran tak semakin panas dan berlarut-larut.

Apalagi jika emosi tengah memuncak dan saling adu argumen, hal itu bisa membawa dampak yang buruk bagi kesehatan serta hubungan kamu.

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan saat terjadi sebuah pertengkaran dalam hubunganmu, seperti yang dilansir dari laman Alodokter. Guna meredakan pertengkaran dan membuat hubunganmu kembali harmonis seperti sedia kala, lakukanlah trik berikut.

1. Puji Pasanganmu

Mulailah perbincangan dengan kalimat pujian atau positif. (foto: pixabay/rawpixel)

Langkah awalnya meredakan pertengkaran ialah memulai perbincangan dengan kalimat positif, bukan dengan kalimat penuh marah. Mungkin itu sulit bagimu untuk memuji kelebihan pasanganmu ketika sedang marah, tapi hal itu bisa memberikan efek yang lebih baik.

2. Ungkapkan Dengan Intonasi yang Lembut

Gunakan intonasi yang lembut saat pertengkaran melanda.(Foto: pixabay/rawpixel)

Nada atau intonasi suara ketika berargumen sangat menentukan arah pertengkaran. Jika saat bertengkar kamu berbicara dengan nada yang tinggi, suasana akan lebih memanas. Lalu kemungkinnan perkataanmu didengar olehnya cendrung lebih kecil. Jadi sebaiknya tetap menanggapinya dengan intonasi yang lebih tenang dengan merendahkan volume suara.

3. Jangan Menyelesaikan Masalah saat Kondisi Lelah

Jangan selesaikan masalah saat fisik kamu lelah.(foto: pixabay/robbinhiggins)

Menurut beberapa ahli, menunda penyelesaian masalah hingga kamu dan pasangan kamu mendapat istirahat yang cukup akan lebih baik. Alasanya, seusai beristirahat, kamu dan pasanganmu akan lebih tenang. Pikiranmu dan pasangan pun sudah lebih jernih. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan masalah tanpa menciptakan konflik baru.

4. Katakan Suatu Hal dengan Spesifik

Katakan suatu hal dengan lebih spesifik agar tak ada kesalahpahaman. (Foto: pixabay/rawpixel)

Saat bertengkar, sebaiknya hindari penggunaan kata 'selalu' atau 'tidak pernah'. Kedua kata itu memberi kesan generalisasi. Padahal, belum tentu pasanganmu selalu melakukan hal itu. Ada baiknya kamu lebih spesifik dalam mengungkapkan keinginanmu. Contohnya, saat pasanganmu terlalu sibuk dengan pekerjaan, katakan kamu menghargai kerja kerasnya, tapi kamu juga rindu menghabiskan waktu berdua dengannya.

5. Berikan Sentuhan kepada Pasangan

Sentuhan pada pasangan bisa meredakan pertengkaran (Foto: pixabay/free-photos)

Di saat bertengkar, cobalah kamu memberikan sentuhan kepada pasanganmu. Seperti halnya memegang tangannya atau memeluknya. Karena menurut sebuah studi, sentuhan bisa menurunkan tingkat stres dan memberi efek menenangkan. (Ryn)

Baca juga: Tips Move On Dengan Cepat untuk Kamu yang Ditinggal Nikah, Nomor 5 Sangat Ampuh!

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH