5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah, Sudah Tahu? Sepele, kesalahan ini sering dilakukan saat mencuci muka. (Foto: top10wise)

PULANG kantor muka langsung kucel, terima kasih polusi udara. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan wajah. Biasanya, membersihkan wajah dilakukan sebelum tidur malam atau segera setelah sampai di rumah.

Selesai cuci muka, pasti wajah akan terasa segar dan bersih. Namun, mereka yang sering melakukan perawatan wajah tidak menyadari bahwa cara mereka mencuci wajah masih salah. Beberapa kebiasaan yang justru bisa merusak kulit.

Baca juga:

Kesalahan Saat Memakai Masker Wajah

Dilansir dari laman New York Post, lewat polling yang dilakukan pada 2.000 orang Amerika menemukan bahwa kesalahan yang paling sering dilakukan adalah tidak mencuci wajah ketika malam hari.

Padahal mencuci wajah saat malam hari penting. Karena ada banyak kotoran dan minyak pada wajah setelah seharian beraktivitas. Berikut lima kesalahan umum yang tidak disadari banyak orang ketika mencuci wajah.

1. Tidak mencuci tangan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah, Sudah Tahu?
Cuci tangan sebelum mencuci wajah. (Foto: Freepik)

Terdengar sepele, namun hal ini sering dilupakan bagi kebanyakan orang. Kebanyakan kita langsung membasuh tangan dan menuangkan sabun cuci muka ke telapak tangan.

Ketika kamu mengusapkannya ke wajah, bakteri yang ada pada tangan akan berpindah ke wajah. Tentu ini akan membuat perawatan wajah sia-sia. Pastikan sebelum mulai membersihkan wajah, baiknya cuci tangan terlebih dahulu agar bersih dari bakteri.

2. Menggunakan sabun wajah yang tidak cocok

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah, Sudah Tahu?
Gunakan sabun cuci muka yang cocok dengan kulit. (Foto: Freepik)

Dari hasil polling ditemukan bahwa sebanyak 52 persen partisipan menggunakan sabun batang untuk wajah dan 44 persen menggunaan sabun cuci tangan.

Banyak yang tidak mengetahui konsekuensi jika menggunakan produk tersebut di kulit wajah mereka. 42 persen lainnya tidak mengetahui produk terbaik apa yang cocok untuk mereka. 36 persen juga tidak menyadari bahwa mencuci wajah setiap malam adalah hal yang penting.

Baca juga:

'Triple Cleansing' Agar Wajah Lebih Bersinar

3. Membasuh muka terlalu kasar

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah, Sudah Tahu?
Pastikan kamu membasuh muka dengan lembut dan perlahan-lahan. (Foto: Freepik/wavebreakmedia_micro)

Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa dengan menggosokan kulit wajah secara kencang akan membuat wajah kita menjadi lebih bersih dan dapat menghilangkan kotoran.

Hal ini justru bukan jaminan wajah akan menjadi bersih. Wajahmu akan rentan untuk iritasi, kerusakan pembuluh rambut, dan dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Gosoklah wajah dengan lembut dan perlahan-lahan.

4. Tidak membersihkan riasan pada wajah

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah, Sudah Tahu?
Bersihkan riasan wajah sebelum mencuci muka. (Foto: Freepik/wavebreakmedia_micro)

Karena mungkin sudah terlalu malas, terkadang kita langsung mencuci wajah tanpa membersihkan sisa make up seharian.

Lebih baik, kamu membersihkannya terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih bebas alkohol. Pastikan cairan tersebut cocok dengan jenis kulit wajahmu.

5. Cairan sabun berlebihan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Wajah, Sudah Tahu?
Gunakan cairan sabun secukupnya. (Foto: Freepik freeograph)

Dengan menggunakan cairan sabun yang lebih banyak, sama sekali tidak membuat wajahmu semakin bersih atau segar. Bahan kimia pada sabun tersebut akan membuat wajahmu mengalami iritasi kulit. Cukup gunakan sabun dengan menggunakan ujung jari manis kemudian gosokkan kedua tangan. (and)

Baca juga:

Pria Facial, Kenapa Enggak?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH