Film
5 Film Negeri Aing Mejeng di Busan International Film Festival 2021 Shenina CInnamon menghadiri Busan Film Festival 2021. (Sumber: Instagram/@shenacinnamon)

FILM layar lebar Indonesia, tak henti-hentinya meraih prestasi. Belum lama ini, sederet film Indonesia berhasil menjadi nominasi di Busan International Film Festival (BIFF) 2021. Film-film ini menghadirkan berbagai kisah yang berbeda melihat dari sisi kehidupan karakternya. Mulai dari anak sebatang kara dan perempuan tak berdaya.

Jalan cerita yang disajikan pun tidak hanya kuno saja. Mereka juga mengambil latar belakang di kehidupan saat ini. Ada lima film Negeri Aing yang mejeng di BIFF 2021, antara lain:

Baca Juga:

Film di Negeri Aing

1. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Kali ini Palasari Film menggandeng aktor Marthino Lio (Aji Kawir), Ladya Cheryl (Iteung), Sal Priadi (Tokek), Reza Rahardian (Budi Baik), dan Ratu Felisha (Jelita). Film ini merupakan adaptasi dari sebuah buku populer dengan judul yang sama karya Eka Kurniawan.

Film ini menceritakan kisah seorang pria bernama Ajo yang tak pernah merasa takut dalam konflik, lantaran ia memiliki masalah impoten. Tetapi, beruntungnya ia memiliki seorang kekasih yang menerima dirinya apa adanya. Kekasihnya itu bernama Iteung. Sayangnya, Ajo tidak menyadari bahwa kekasihnya itu bermain di belakangnya, bersama kawan baiknya Budi Baik.

2. Yuni

Yuni merupakan film terbaru yang digarap oleh Kamila Andini. Film ini menceritakan kisah Yuni (Arawinda Kirana), seorang siswa SMA yang cukup pintar di sekolahnya. Remaja ini memiliki impian untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Namun, dalam mencapai mimpinya itu ia menemukan berbagai macam rintangan.

Hal ini dikarenakan lingkungannya yang masih kental dengan adat dan memintanya untuk segera menikah setelah lulus sekolah. Meskipun begitu, ia tidak hanya diam saja. Ia tetap berusaha untuk mengejar impiannya itu. Sederet artis yang membintangi film ini antara lain Marissa Anita, Muhammad Khan, Asmara Abigail, Nazla Thoyib, Anne Yasmin, Boah Sartika, Vania Aurell, Neneng Risma, ST. Radik, Mian Tiara, Ayu Laksmi, dan Sekar Sari.

3. Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya merupakan film panjang pertama Wregas Bhanuteja. Film ini mengisahkan Sur (Shenina Cinnamon) yang ceroboh. Ia mencemarkan nama baik kampusnya melalui swafotonya dalam keadaan mabuk. Alhasil, ia gagal mendapatkan beasiswanya. Ia juga tak mengetahui asal foto tersebut, meski ia mencoba untuk mengingatnya.

Baca Juga:

Festival Film Indonesia Tetap Berikan yang Terbaik di Masa Pandemi

Dikarenakan ia tidak mengingat apapun tentang kejadian di malam minum itu, ia meminta bantuan Amin (Chicco Kurniawan) untuk menyelidikinya. Amin adalah teman masa kecilnya yang bekerja sebagai tukang fotokopi di kampus.

4. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak merupakan film drama thriller Indonesia yang dirilis pada 16 November. Film ini dibintangi oleh Marsha Timothy. Film ini ditulis oleh Garin Nugroho dan disutradarai oleh Mouly Surya. Isinya menceritakan seorang perempuan bernama Marlina. Seperti judulnya, kisah Marlina disajikan dalam empat babak, yaitu perampokan, perjalanan, pengakuan dosa, dan kelahiran.

Suatu saat di sebuah padang sabana Sumba, Indonesia, datang sekelompok perampok ke rumah seorang janda bernama Marlina. Kelompok perampok itu dipimpin oleh Markus (Egi Fedly). Meski hidup menyendiri jauh dari tetangga, ia ternyata memiliki sebuah rencana. Ketika diminta untuk membuatkan sajian malam, Marlina meracik racun ke dalam makanan tersebut. Setelah itu, banyak kejadian yang terjadi pada Marlina di babak-babak berikutnya.

5. Laut Memanggilku

Film terakhir yang terpilih untuk ditayangkan di BIFF 2021 adalah Laut Memanggilku. Film pendek ini menampilkan dua orang anak yang berasal dari Sanggar Anak Harapan yaitu Muhammad Umar dan Dikky Takiyudin. Laut Memanggilku mengisahkan Sura, anak seorang nelayan yang hidup sebatang kara.

Suatu ketika, ia menemukan sebuah boneka di pantai. Kemudian, boneka itu dijadikan teman dan pengganti orang tuanya. Namun, seseorang bernama Argo ingin merebut boneka tersebut dari tangan Sura. (cil)

Baca Juga:

Pemerintah Dukung Perhelatan Festival Film Indonesia 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
TV Spot Spider-Man: No Way Home Tampilkan Lizard dan Electro
ShowBiz
TV Spot Spider-Man: No Way Home Tampilkan Lizard dan Electro

Seperti yang sudah diketahui penggemar, film solo ketiga Tom Holland akan kedatangan tamu dari Universe lainnya.

Efek Terlalu Sering Melakukan 'Self Diagnose' via Internet
Hiburan & Gaya Hidup
Efek Terlalu Sering Melakukan 'Self Diagnose' via Internet

Kenali bahaya terlalu sering mengecek kesehatan mental di internet.

Alasan Agensi K-Pop Jarang Membuat Grup Campur Gender
ShowBiz
Alasan Agensi K-Pop Jarang Membuat Grup Campur Gender

Alasan kurang sukses dan adat ketimuran, agensi tidak pernah membuat grup campuran.

Ketahui Tanda-Tanda Depresi pada Pria
Fun
Ketahui Tanda-Tanda Depresi pada Pria

Cara mengetahui seorang pria yang sedang depresi.

Eksplorasi Kontemplasi Mothern Tertuang di Debut 'Beforelight'
ShowBiz
Eksplorasi Kontemplasi Mothern Tertuang di Debut 'Beforelight'

Album ini resmi dirilis pada 19 Februari 2021 di bawah naungan label Sun Eater Coven.

Elon Musk Punya Tiket Wisata Angkasa Luar Richard Branson
ShowBiz
Elon Musk Punya Tiket Wisata Angkasa Luar Richard Branson

Sudah punya tiket Virgin Galactic sebelum penerbangan Branson pada 11 Juli.

Rumor Kencan Paling Absurd dalam Sejarah K-Pop
ShowBiz
Rumor Kencan Paling Absurd dalam Sejarah K-Pop

Buktinya bahkan terlihat konyol.

Destinasi Wisata Terbaik untuk Pergi Liburan Bersama Anak
Fun
Destinasi Wisata Terbaik untuk Pergi Liburan Bersama Anak

Panduan lokasi liburan yang tepat ketika pergi dengan bayi, anak kecil, dan remaja.

Anya Taylor-Joy Tampil Perdana di ‘Last Night in Soho’
ShowBiz
The International 10 Dota 2 Digelar di Rumania
Fun
The International 10 Dota 2 Digelar di Rumania

Awalnya digelar di Swedia namun ditolak pemerintah setempat.