Relasi

5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Pernah Merasakannya?

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 24 Januari 2022
5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Pernah Merasakannya?
Teman yang benar-benar baik akan membawamu ke hal positif. (Foto: Unsplash/Duy Pham)

TEMAN yang benar-benar baik tentu akan membawa dampak positif dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja tanda yang ada dalam lingkaran pertemanan sehat.

Pertemanan dan persahabatan yang sehat bisa menjadi sumber kebahagiaan, kasih sayang, dan dukungan yang luar biasa. Namun sayangnya, tidak semua lingkaran pertemanan bisa membawa manfaat tersebut. Beberapa lingkaran pertemanan justru bisa membawa dampak yang buruk, seperti memicu stres. Mengutip laman Alodokter, Kamis (13/1), berikut lima tanda lingkungan pertemanan yang sehat.

Baca juga:

Jaga Relasi dengan Mantan yang sudah Punya Pacar, Perlukah?

1. Tidak ragu untuk berbagi

5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Ada di Temanmu?
Tidak ragu untuk berbagai setiap kesempatan. (Foto: Unsplash/Sarah Noltner)

Meski berada dalam satu lingkaran pertemanan, setiap orang bisa saja lho memiliki nilai, keyakinan, tujuan, maupun gaya hidup yang berbeda-beda. Nah, jika teman-temanmu bisa mengerti, menerima, dan menghormati perbedaan tersebut, ini tanda pertama bahwa kamu berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat. Hal tersebut biasanya tercermin dari tidak adanya perasaan ragu atau takut untuk berbagi mengenai semua hal dengan temanmu, baik hal kecil, besar, baik, atau buruk.

2. Mendukung kesuksesanmu

5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Ada di Temanmu?
Mendukung apa pun yang kamu capai. (Foto: Unsplash/Matheus Ferrero)

Coba deh lihat reaksi mereka ketika kamu mencapai kesuksesan, misalnya beasiswa atau punya gawai keluaran terbaru. Jika temanmu ikut merayakan dengan tulus dan memberi selamat, ini artinya kamu berada dalam lingkungan hidup pertemanan yang sehat. Sebaliknya, jika kamu justru merasa temanmu tidak suka atau cemburu, hati-hati ya, karena ini jadi salah satu tanda teman toxic.

3. Nyaman menjadi diri sendiri

5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Ada di Temanmu?
Kamu tidak berpura-pura menjadi orang lain. (Foto: Unsplash/Hannah Busing)

Tanda lingkaran pertemanan sehat lainnya adalah apabila kamu merasa nyaman untuk menjadi diri sendiri saat bersama mereka. Sebaliknya, jika kamu berada dalam lingkar pertemanan yang tidak sehat, kamu akan berpura-pura atau mencoba untuk menjadi sosok yang mereka sukai. Jika sudah seperti ini, lebih baik tinggalkan dan jangan pusingkan omongan orang lain.

Baca juga:

Penyebab Emosi Jadi Tumpul dan Cara Mengatasinya

4. Banyak kenangan indah

5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Ada di Temanmu?
Banyak kenangan indah yang kalian ukir bersama. (Foto: Unsplash/Melissa Askew)

Kamu dan lingkaran pertemananmu pasti pernah dong menghabiskan waktu bersama, entah itu nongkrong, jalan-jalan ke puncak, staycation, sampai olahraga bersama. Semakin sering kalian menghabiskan waktu bersama, maka semakin banyak pula kenangan yang tercipta. Kenangan indah ini akan mudah dikalahkan dengan berbagai momen buruk yang pernah kamu alami.

5. Mendukung lingkaran pertemananmu yang lain

5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Ada di Temanmu?
Kamu pasti punya lebih dari satu lingkarna pertemanan. (Foto: Unsplash/Mohau Mannathoko)

Kamu pasti punya lebih dari satu lingkaran pertemanan, bukan? Mulai dari teman sekolah, kuliah, hingga kerja. Jika kamu berada dalam lingkaran pertemanan yang sehat, teman-temanmu seharusnya tidak akan membatasimu untuk berteman dengan kelompok lain, selama kelompok tersebut tidak merugikanmu atau orang lain. (and)

Baca juga:

Sudah Halalbihalal, Masih Julid Saja

#Pertemanan #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan