5 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Cepat Pudar Mewarnai rambut membutuhkan perawatan yang ekstra. (Foto: Unsplash/Arnel Hassanovic)

ADA istilah yang mengatakan, mencari warna rambut yang sempurna seperti menemukan jarum di tumpukan jerami, sangat sulit. Oleh karena itu, jika sudah cocok dengan warnanya, kamu harus merawatnya agar tidak cepat pudar. Tentunya membutuhkan waktu dan tenaga lebih.

Selain di salon, mewarnai rambut juga bisa kamu lakukan sendiri, lo! Untuk itu, Merahputih sudah merangkum lima cara merawat rambut berwarna agar tidak cepat pudar seperti dilansir dari laman Today.

Baca juga:

Tidak Melulu Buruk, Stres Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh


1. Jangan langsung mandi

Tunggu satu hari untuk keramas. (Foto: Healthline)
Tunggu satu hari untuk keramas. (Foto: Healthline)

Pertama, jangan langsung mandi usai mewarnai rambut. Penata rambut yang bekerja di Cutler Salon, New York City, Ryan Pearl, merekomendasikan setidaknya menunggu satu hari untuk keramas. Sebab jika kamu langsung mandi, pewarna akan meresap ke dalam rambut. Saat keramas pun kamu harus membilasnya dengan air dingin dan menggosok kulit kepala menggunakan ujung jari.

2. Jangan membilas dengan air panas

Sebaiknya gunakan air biasa saja. (Foto: Unsplash/Kristen Marie Ebbesen)
Sebaiknya gunakan air biasa saja. (Foto: Unsplash/Kristen Marie Ebbesen)


Mandi dengan air panas mungkin terasa enak, terutama setelah seharian bekerja. Namun suhu tinggi pada air panas akan membuat lapisan kutikula luar terangkat dan menyebabkan warna rambut memudar dalam waktu cepat.

Pearl menyarankan untuk menggunakan air dingin agar membuat warna rambut semakin cemerlang. Kamu juga harus menghindari penggunaan alat styling rambut karena dapat merusak dan membuat rambut menjadi kering.

Baca juga:

Punya Banyak Manfaat, Air Mawar Ampuh Menjaga Keindahan Rambut


3. Coba ganti produk favoritmu

Setiap orang memiliki produk tertentu yang cocok dengan rambut mereka. Tapi, apakah sudah pasti aman? JB Shelton, seorang pendidik untuk Bosley Professional Strength Haircare mengatakan banyak produk yang dijual bebas mengandung garam, sulfat, dan deterjen. Itu sebabnya mengapa produk tersebut sangat murah.

Bahan-bahan tersebut justru dapat membuat warna rambut menjadi cepat pudar. Sebaiknya, kamu cari produk yang bebas sulfat dan alkohol. Mereka akan membantu mempertahankan warna rambut.

4. Jangan sering keramas

Keramas setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. (Foto: Unsplash/Erick Larregui)
Keramas setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. (Foto: Unsplash/Erick Larregui)

Tidak hanya menghilangkan minyak pada rambut, keramas setiap hari juga akan memudarkan warna pada rambut. Sebaiknya, keramas dua hingga tiga kali seminggu untuk menjaga warna rambut tidak cepat pudar. Para ahli mengatakan sebaiknya menggunakan sampo dengan bahan alami.


5. Gunakan kondisioner

Gunakan kondisioner hingga ke akar rambut. (Foto: Paletticious)
Gunakan kondisioner hingga ke akar rambut. (Foto: Paletticious)

Kondisioner sama pentingnya dengan sampo dalam proses mencuci rambut. Ia juga memiliki banyak aturan untuk rambut berwarna. Saat menggunakan kondisioner, pastikan untuk meremas rambut dengan baik dan oleskan kondisioner secara merata di bagian kecil rambut. (And)

Baca juga:

3 Masalah Kesehatan Saat Sering Bermain Ponsel Sebelum Tidur


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH