5 Aset Termahal Mark Zuckerberg, Tak Ada Jet Pribadi? Mark Zuckerberg. (Foto: Facebook Mark Zuckerberg)

MARK Zuckerberg masuk dalam jajaran 5 orang terkaya di dunia, di atas pendiri Amazon Jeff Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates, pemilik Zara Amancio Ortega, dan investor Warren Buffett. Kekayaan pendiri Facebook ini mencapai USD72,2 miliar atau sebesar Rp964,3 triliun. Lalu dibuat apa kekayaan seabreg itu?

Ketika seorang miliarder mempunyai jet pribadi sebagai salah satu aset yang dimilikinya itu merupakan hal umrah. Namun, berbeda halnya dengan salah satu milarder di dunia sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Banyak orang bertanya-tanya apa yang digunakan Zuck dengan uang sebanyak itu. Sebab, dari sederet harta miliknya, bukan jet pribadilah yang menjadi aset paling mahal.

Baca Juga:

Pemegang Saham Facebook Susun Skenario Jatuhkan Mark Zuckerberg

Seperti yang kita ketahui, ia selalu berpenampilan sederhana, mengenakan baju polos dan tak suka pamer kemewahan. Ia menjalani kesehariannya layaknya orang baisa. Namun siapa sangka, di balik kesederhanaannya, ia memiliki aset yang luar biasa. Dilansir dari The Richest, berikut lima aset termahal yang dimiliki Mark Zuckerberg.


1. Rumah di San Fransisco

(Foto 1) Rumah Mark Zuckerberg di San Fransisco. Foto by pinterest zimbio
Rumah Mark Zuckerberg di San Fransisco. (Foto: Pinterest/zimbio

Salah satu aset termahal yang dimiliki Mark Zuckerberg berupa rumah di San Fransisco. Ia membeli rumah tersebut seharga USD9,9 juta atau sekitar Rp138 miliar. Rumah dengan konsep ramah lingkungan itu menjadi tempat tinggalnya dengan nuansa tenang dan mewah.


2. Baju

Mark Zuckerberg dengan kaos kesukaannya. (Foto: Facebook Mark Zuckerberg)
Mark Zuckerberg dengan kaos kesukaannya. (Foto: Facebook Mark Zuckerberg)

Jika dilihat dari kesehariannya, Zuck memang tampak sederhana mengenakan kaos polos berawarna abu-abu. Uniknya, ia selalu mengenakan warna yang sama di setiap acara yang dihadirinya. Walaupun tidak terlihat mewah, ternyata Zuck menghabiskan banyak uang untuk membeli kaos yang ia punya. Kaus bermerek Brunello Cucinelli yang dipakainya itu seharga US$400 atau sekitar Rp 5,6 juta. Kebayang dong jika ia punya puluhan baju dengan warna yang sama berapa uang yang dikeluarkan.

Baca Juga:

Mark Zuckerberg Sukses Bikin Saham Facebook Melonjak Lagi


3. Chan Zuckerberg Initiative

(Foto 3) Yayasan Chan Zuckerberg Initiative milik Zuck. Foto by  Chan Zuckerberg Initiative
Yayasan Chan Zuckerberg Initiative milik Zuck. (Foto: Chan Zuckerberg Initiative)

Zuck dan sang istri mendukung Biohub yang kemudian membangun sebuah yayasan yang besar, yakni Chan Zuckerberg Initiative. Yayasan yang dibelinya pada 2017 lalu ini menghabiskan biaya sebesar US$6 hingga US$12 miliar atau sekitar Rp 167,8 triliun.


4. Chan Zuckerberg Biohub

Mark Zuckerberg bersama istrinya Chan. (Foto: Facebook Mark Zuckerberg)
Mark Zuckerberg bersama istrinya Chan. (Foto: Facebook Mark Zuckerberg)

Chan Zuckerberg Biohub merupakan organisasi riset yang fokus pada penyembuhan penyakit menular. Biohub ini dikelola oleh Zuck dan istrinya, yang telah bekerja sama dengan University of California Berkeley, Stanford dan University of California San Fransisco. Biaya yang dikeluarkan untuk Biohub kurang lebih US$600 juta atau sekitar Rp 8 triliun.


5. Sistem keamanan

(Foto 5) Menyewa petugas untuk memastikan keamanan dirinya dan keluarga. Foto by PIxabay RyanMcGuire
Menyewa petugas untuk memastikan keamanan dirinya dan keluarga. (Foto: PIxabay/RyanMcGuire)

Selain aset berupa properti dan pakaian, tak lupa ia juga mementingkan keluarga dan dirinya sendiri. Ia menghabiskan sekitar US$10 juta atau sekitar Rp 139,6 miliar per tahunnya untuk menyewa sistem keamanan dan petugas yang menjaga dirinya serta keluarganya. (And)

Baca Juga:

2 Buku Pembakar Semangat Inovasi Mark Zuckerberg, Baca Deh!



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH