2 Buku Pembakar Semangat Inovasi Mark Zuckerberg, Baca Deh! Mark Zuckerberg. (Foto: Facebook)

MUDA dan inovatif. Begitulah sosok Mark Zuckerberg, co-founder sekaligus chief executive officer Facebook. Inovasinya di bisnis media sosial ternyata tak bisa dilepaskan dari buku-buku yang ia baca.

Zuckerberg pernah mengakui jika membaca buku benar-benar dapat memenuhi kebutuhan intelektual. Tak heran kalau ia senantiasa menantang dirinya untuk membaca dua buku per bulan. Meski bacaannya beragam, ayah dua anak ini senantiasa memasukkan buku-buku pembakar semangat inovasi. Dari buku-buku itulah ia terdorong memotivasi karyawan-karyawannya agar dapat berpikir sekreatif mungkin.

Berikut dua buku pembakar semangat inovasi yang paling Zuckerberg sukai, seperti dilansir cnbc.com.

1. Creativity, Inc

Edwin Catmull, presiden Pixar Animation Studios dan Walt Disney Animation Studios, serta sang penulis buku, Alice Wallace, memberi pembaca gambaran perjalanan Pixar menjadi studio animasi kreatif seperti sekarang. Melalui buku ini Zuckerberg mendapatkan langkah-langkah detail Pixar saat menjadikan inovasi sebagai prioritas kunci.

"Tidak perlu menunggu sempurna untuk berbagi dengan yang lain. Tunjukkan di awal, lalu tunjukkan berkali-kali," saran Catmull di dalam bukunya.

Zuckerberg amat menyukai isi 'Creativity, Inc', termasuk saran Catmull di dalam bukunya. Jika berkunjung ke kantor pusat Facebook di Menlo Park, California, Anda dapat melihat tulisan yang senada dengan saran Catmull itu di dinding, "Lebih baik selesai daripada sempurna,"

2. The Idea Factory

Buku karya jurnalis Jon Gertner ini mengisahkan sejarah Bell Labs yang didirikan Alexander Graham Bell dengan fokus pada riset. Beberapa peneliti di Bell Labs berhasil mendapatkan Nobel sebagai apresiasi terhadap karya mereka.

Zuckerberg tertarik membaca 'The Idea Factory' lantaran ia sangat ingin mengetahui apa yang mendorong inovasi. Mulai dari tipe orang-orangnya, pertanyaan, hingga lingkungan.

Ingin lebih inovatif? Mulai Hari Inovasi Indonesia ini, perbanyaklah membaca buku pembakar semangat inovasi seperti Mark Zuckerberg! (*)

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH