4 Tips Praktis Meredakan Nyeri dan Pegal saat Pergi Liburan Cara praktis redakan nyeri dan pegal saat liburan (Foto: medicalnewstoday)

SELAMA liburan, beragam aktivitas dilakukan dalam menghabiskan waktu. Menelusuri berbagai tempat, berkuliner hingga malam hari membuat tubuh kelelahan. Mulanya tidak begitu terasa, tetapi lama kelamaan nyeri bisa menurunkan tenagamu dalam melakukan aktivitas. Nyeri otot ataupun pegal-pegal terjadi pada anak-anak hingga lansia.

Banyak hal yang memengaruhi timbulnya nyeri otot atau pegal-pegal pada tubuh, diantaranya aktivitas yang berlebihan, kurangnya minum air putih, pemakaian sepatu yang tidak nyaman dalam waktu yang lama, membawa beban terlalu berat dan lainnya. Lakukan cara berikut ini untuk meredakan nyeri dan pegal-pegalmu secara praktis.

1. Gunakan produk pereda nyeri

4 Tips Praktis Meredakan Nyeri dan Pegal saat Pergi Liburan
Gunakan produk pereda nyeri pada tubuh (Foto: Pinterest/2ges Sarcan)

Produk pereda nyeri menjadi andalan banyak orang untuk dibawa saat vakansi. Kepraktisannya tersimpan dalam kemasan ekonomis.

Baca juga:

Berlibur saat Musim Panas, Pastikan Bawa Barang Penting Ini

Harga yang ditawarkan juga relatif murah, berkisaran Rp5 ribu hingga Rp35 ribu. Biasanya dikemas dalam bentuk salep, koyo, balsam hingga obat minum. Pastikan kamu tidak ada alergi pada obat.

2. Manfaatkan essential oil

4 Tips Praktis Meredakan Nyeri dan Pegal saat Pergi Liburan
Gunakan produk essential oil untuk membantumu menyegarkan tubuh saat liburan (Foto: Pixabay/Mareefe)

Pengaplikasian dapat dilakukan secara langsung ke tubuh atau bagian yang bermasalah atau diinginkan, dihirup melalui udara dengan menggunakan alatnya bernama diffuser, dicampurkan ke dalam masakan, diminum atau bahkan langsung dikonsumsi.

Mencampurkan varian lavender dan orange bisa membuat kamu lebih rileks, dan aromanya sangat menenangkan. Varian lainnya dengan mencampurkan peppermint dan Lemon.

Baca juga:

Penting, Bawa Obat-Obatan saat Berlibur

Campuran ini dapat meredakan sakit kepala, melegakan pernafasan, meredamkan sakit tenggorokan dan energy boost. Selain itu, campuran varian thieves dan RC bisa digunakan sebagai immune booster. Biasanya harga yang dibandrol untuk produk ini berkisar dari Rp100 ribu hingga Rp300 ribu.

3. Berendam dalam air hangat

4 Tips Praktis Meredakan Nyeri dan Pegal saat Pergi Liburan
Berendam dalam air hangat redakan pegal-pegal tubuh (Foto: Unsplash/Robson Hatsukami Morgan)

Saat beristirahat di penginapan, berendam di air hangat bisa meredakan nyeri otot atau pegal-pegal. Berendam di air hangat bisa kamu lakukan seusai beraktivitas di luar ruangan sekaligus membersihkan tubuh.

Baca juga:

Tetap Bugar Selama Liburan dengan Yoga

Usahakan menyewa penginapan yang menyediakan mesin water heater, kalau tidak ada kamu bisa merebus air hangat terlebih dahulu.

4. Oleskan dengan tumbukkan bawang putih

4 Tips Praktis Meredakan Nyeri dan Pegal saat Pergi Liburan
Bawang putih berkhasiat meredakan pegal-pegal tubuh (Foto: Pixabay/Stevepb)

Selain untuk bumbu dapur, bawang putih yang mengandung zat anti peradagangan ampuh untuk meredakan pegal-pegal. Tumbuk halus satu hingga lima siung bawang putih sesuai kebutuhan. Diamkan selama beberapa menit sampai merasa lebih baik.

Penggunaan produk pereda nyeri yang memberikan sensasi hangat secara berlebihan dapat menimbulkan rasa panas seperti luka bakar. Ikuti anjuran pemakaian secara baik dan benar. Perhatikan komposisi produk untuk memastikan kandungannya. (dys)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH