Liburan

Berlibur saat Musim Panas, Pastikan Bawa Barang Penting Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 02 Juli 2019
Berlibur saat Musim Panas, Pastikan Bawa Barang Penting Ini
Ilustrasi. (Pixabay/pexels)

SAAT berlibur di bawah terik matahari, kamu jangan sampai ketinggalan membawa lotion pelindung kulit dari matahari. Pasalnya, paparan berlebihan terhadap cahaya matahari dan sinar UV (ultraviolet) dikaitkan dengan penuaan dini akibat radikal bebas.

Ada dua jenis sinar UV yang menembus lapisan ozone dan menyebabkan kerusakan kulit, yaitu UVA dan UVB. Sinar UVA menembus hingga ke bagian terdalam kulit, sebagai faktor utama dari penuaan dini. Sementara itu, UVB menyebabkan pencokelatan dan kulit terbakar di lapisan teratas kulit.

Mengingat kedua sinar UV tersebut punya dampak terhadap kulit kamu, penting banget untuk selalu membawa tabir surya setiap kali kamu bepergian ke tempat dengan paparan matahari yang tinggi, semisal pantai atau gunung.

BACA JUGA: Bukan yang Dingin, Ternyata Air Hangat Ampuh Atasi Gerah

Salah satu produk tabir surya yang bisa kamu pilih ialah sunblock. Seperti namanya, sunblock secara fisik menangkal atau menghalangi sinar matahari sebelum meresap ke kulit dengan membangun lapisan pelindung di atas permukaan kulit.

sunblock
Sunblock langsung bekerja begitu dioleskan. (foto:pixabay/chezbeate)

Kandungan titanium dioksida dan zinc oksida di dalam sunblock merupakan satu-satunya filter UVA dan UVB fisik yang disetujui oleh FDA untuk perlindungan matahari langsung. Titanium dioksida merupakan mineral alami yang memiliki kemampuan reflektif dan kestabilan kandungan yang mumpuni sehingga tidak akan terurai di bawah sinar matahari. Dari zat itulah peran penangkal sinar UV pada sunblock didapat.

BACA JUGA: Lakukan Hal ini untuk Liburan Lancar di India

Sementara itu, zinc oksida merupakan mineral sintetik yang bertugas untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan sinar UV, menghalangi radiasi menjauh dari kulit bahkan sebelum mencapai permukaan kulit. Bahkan, zinc oksida memiliki properti antiiritasi dan pelindung kulit. Umumnya zat itu juga dimasukkan sebagai salah satu komposisi pendukung dalam produk perawatan kulit sensitif.

Sunblock
Penting untuk memakai sunblock saat berlibur di bawah matahari. (foto: pixabay/chezbeate)

Kedua mineral aktif itu juga yang paling sedikit menyebabkan reaksi alergi karena tidak menyerap ke kulit. Oleh karena itu, produk pelindung matahari yang menggunakan filter UV ini merupakan pilihan yang baik untuk anak-anak dan mereka yang memiliki kulit (sangat) sensitif terhadap sinar UV.

BACA JUGA: Berlibur, Investasi untuk tubuh dan Jiwa Sehat

Tekstur lotion sunblock kental, berwarna putih susu, dan dapat terlihat jelas oleh mata. Sunblock merupakan rekomendasi perlindungan terbaik jika akan beraktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari. Efek perlindungan sunblock akan langsung aktif begitu diaplikasikan.

Sunblock akan bekerja langsung begitu diaplikasikan, tapi lebih mudah luntur. yang perlu diingat juga, pastikan perlindungan itu menawarkan spektrum luas dari perlindungan UVA dan UVB. Pastikan juga produk yang kamu gunakan harus memiliki SPF minimal 15.(*)

#Juli Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan