4 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama Ada aturan menyimpan makanan di kulkas agar awet. (foto: pixabay/27707)

TEKNOLOGI lemari pendingin pertama kali diperkenalkan William Cullen, seorang profesor asal Skotlandia, pada 1775. Dengan lemari pendingin, kita bisa dengan mudah meyimpan makanan untuk beberapa lama. Kulkas mencegah makanan yang disimpan dari pembusukan.

Sayangnya, menyimpan makan di kulkas tidak menjamin makanan akan selalu awet. Kesalahan menyimpan akan membuat makanan terkontaminasi bakteri. Akibatnya, makanan jadi mudah rusak.

BACA JUGA: Jalan-Jalan ke Italia, Wajib Cobain Kulinernya

Saya banget ya, jika makanan yang disimpan malah basi dan rusak. Biar enggak kejadian, berikut beberapa aturan yang harus diperhatikan saat menyimpan makanan di kulkas agar lebih awet.

1.Perhatikan suhu kulkas

kulkas
Penting untuk memperhatikan suhu kulkas. (foto: pixabay/pexels)


Sebelum menyimpan makanan, ada baiknya kamu memperhatikan suhu kulkas. Pastikan kulkas berada di suhu 5 derajat celsius atau lebih rendah. Untuk suhu freezer disarankan kisaran suhu -18 derajat celsius.

Pada suhu itu, bahan makanan yang mengandung susu atau telur akan lebih awet karena mencegah penyebaran bakteri. Jika lemari es dan freezer-mu tidak memiliki pengaturan suhu, kamu bisa membelinya di toko untuk dapat mengukur suhu.

2. Bersihkan kulkas secara rutin

kulkas
Bersihkan sisa makanan. (foto: youtube/clean my space)

Agar makanan lebih awet dan segar, bersihkan lemari es dan freezer secara rutin terutama pada bagian pegangannya, rak, dan slot penyimpanannya. Pastikan kamu sudah mengeluarkan semua makanan atau minuman di dalam kulkas.

Pada bagian freezer, bersihkan sisa-sisa makanan atau minuman yang sudah membeku. Ketika membersihkan kulkas, cukup menggunakan kain bersih. Jangan sekali-kali menggunakan produk pembersih yang nantinya dapat merusak kulkas.

3. Segera olah bahan

kulkas
Segera olah bahan yang ada di kulkas. (foto: pixabay/waldkunst)

Memang menyimpan makanan di dalam kulkas menjadi cara yang paling baik untuk menjaga kualitas makanan. Namun, jika kamu sudah terlalu lama membiarkan makanan tersebut berada di dalam, dapat mempengaruhi cita rasa dan aroma. Segera olah bahan-bahan tersebut menjadi berbagai menu.

4. Simpan makanan sesuai jenisnya

kulkas
Susu isinya berdasar jenis makanan. (foto: pixabay/stevepb)


Setiap rak idealnya disusun berdasarkan jenis makanannya. Jangan mencampur satu jenis makanan dengan makanan lainnya. Bahan makanan seperti sayur atau buah-buhan letakkan pada bagian bawah.

Keju, yogurt, sayur matang, susu, letakkan pada rak bagian tengah atau atas. Sedangkan untuk daging mentah, ikan, ayam, letakkan pada bagian freezer. Biasanya, kita meletakkan telur pada bagian pintu kulkas. Namun, hal itu justru membuat telur cepat busuk lantaran pintu yang selalu dibuka dan ditutup. Letakkan telur pada bagian dalam kulkas agar lebih awet.(And)

BACA JUGA: 4 Restoran Bernuansa Disneyland di Dunia



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH