4 Tipe Orangtua Baru, Kamu Termasuk yang Mana? Tipe-tipe orangtua yang baru memiliki anak (Foto: Pixabay/skalekar1992)

MENJADI orangtua baru merupakan anugerah yang harus disyukuri. Menunggu kelahiran anak selama kurang lebih sembilan bulan, tentunya banyak wejangan yang diberikan oleh orang terdekat. Tetapi kondisi berbeda akan membuat karakter orangtua baru berbeda-beda. Semua dilakukan demi memberikan yang terbaik untuk si buah hati.

Melansir laman psychcentral.com, tipe-tipe orangtua baru dipengaruhi oleh lingkungan keluarga serta kondisi ibu selama kehamilan. Kesehatan serta perkembangan bayi juga turut andil dalam membentuk karakter sebuah keluarga.

Baca juga:

Tugas Ribet itu Bernama Menjadi Orangtua

Meskipun begitu, tiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak ulasan berikut ini, kira-kira kamu termasuk tipe yang mana ya?

1. Isolasi

4 Tipe Orangtua Baru, Kamu Termasuk yang Mana?
Hujatan bisa membuat ibu mengisolasi kehidupan pribadinya (Foto: Pixabay/geralt)

Biasanya jika kandungan bermasalah sejak trimester pertama, pasangan akan stres. Mom-shaming dan baby-shaming memang sudah seharusnya tidak terjadi. Menghujat proses hamilnya seseorang tidak akan menyelesaikan masalah.

Kamu hanya akan menjatuhkan mental sang ibu. Jika seorang ibu hamil mengalami masalah kandungan, ada baiknya kamu mendukung dan membantunya sepenuh hati. Nasihat bertubi-tubi hanya akan membuat ibu dan bayi yang baru lahir mengisolasi kehidupannya.

2. Protektif

4 Tipe Orangtua Baru, Kamu Termasuk yang Mana?
Ada pasangan yang terlalu protektif hingga tidak membiarkan siapapun menyentuh bayinya (Foto: Pixabay/marvelmozhko)

Banyak mendengar berita negatif soal bayi yang baru lahir biasanya seorang ibu akan menjadi protektif. Takut bayinya mengalami alergi jika bersentuhan dengan orang lain, atau terus menerus menangis karena merasa tidak nyaman. Boleh saja berinteraksi dengan orang lain dalam batas wajar. Semua ini dilakukan demi kesehatan si bayi.

Baca juga:

Tipe-Tipe Orangtua Zaman Now, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

3. Haus Belajar

4 Tipe Orangtua Baru, Kamu Termasuk yang Mana?
Ibu yang haus belajar cenderung lebih siap dalam menghadapi kehadiran seorang anak (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Dengan segala kesiapan mental dan materi, seorang ibu bisa menjadi sosok yang haus belajar. Mereka akan terus mencari ilmu terutama dari para pendahulu di dunia parenting.

Bayi yang baru lahir memang membutuhkan banyak perhatian. Kalau kamu sudah mendapatkan banyak ilmu, sedikit kemungkinan kamu akan kesusahan ketika merawatnya.

4. Cuek

4 Tipe Orangtua Baru, Kamu Termasuk yang Mana?
Lingkungan keluarga yang cuek cenderung tidak mengekang anak (Foto: Pixabay/Bessi)

Lingkungan keluarga memengaruhi karakter orangtua baru. Ada keluarga yang terkesan cuek dan cenderung biasa saja dalam memantau perkembangan anak.

Generasi berikutnya pun akan mengikuti cara-cara serupa. Tipe ini akan cuek dengan pilihan hidup sang anak. Mereka cenderung tidak mengekang apa yang dilakukan oleh anak. (mar)

Baca juga:

Kesuksesan Anak Sejak Kecil Bergantung dengan Peran Orangtua


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH