Tipe-Tipe Orangtua Zaman Now, Kamu Termasuk yang Mana Nih? Persiapan kelahiran juga termasuk panduan orang tua untuk memahami bagaimana nilai-nilai dan insting membesarkan anak. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

SAAT seseorang menjadi orang tua, timbul banyak pertanyaan, tentang anak dan diri mereka sendiri. Apakah semuanya baik-baik saja? Apakah menjadi orang tua akan mengubah saya?

Persiapan kelahiran bukan hanya tersedianya produk-produk pengasuhan anak, ya walaupun itu memang bagian yang sangat penting. Persiapan kelahiran juga termasuk panduan orang tua untuk memahami bagaimana nilai-nilai dan insting mereka akan mempengaruhi cara mereka membesarkan anak.

Baca Juga: Ingin Tetap Kuat Setelah Tua? Lakukan ini!

Dikutip Fatherly, sebuah survei meminta pembaca menjawab tentang pengasuhan anak. Hasilkan terdapat kelompok orang tua yang terbagai dalam tipe pengasuhan berdasarkan 12 pola dasar kepribadian seperti kata Carl Jung. Berikut ke-12 tipe orang tua tersebut.


1. Inovator

Orang tua inovator akan mencari kiat sebagai orang tua yang berpengetahuan. (Foto: Pixabay/neildodhia)
Orang tua inovator akan mencari kiat sebagai orang tua yang berpengetahuan. (Foto: Pixabay/neildodhia)

Kamu menyadari bahwa sekarang adalah waktu yang luar biasa untuk menjadi orang tua. Belum pernah sebelumnya ada begitu banyak informasi tentang pengasuhan, dan kamu menginginkan semua itu. Kamu akan mencari wawasan dan kiat untuk memastikan bahwa kamu adalah orang tua paling berpengetahuan.


2. Maverick

Beberapa orang tua menerapkan jadwal pemberian makan dan tidur sangat ketat yang direkomendasikan dalam buku-buku populer tentang pengasuhan anak.

Beberapa orang tua bergabung dengan ruang obrolan online, menghadiri seminar, dan meminta saran anggota keluarga. Beberapa orang tua membangun konsensus. Itu semua bukan kamu. Kamu lebih suka solusi daripada saran. Kamu menemukan apa yang cocok untuk kamu.

Baca Juga: Tak cuma di Sekolah, Orangtua Juga Harus Tanamkan Hal ini kepada Anak


3. Snuggler

Kemurahan hati kamu adalah bawaan dan tidak terbatas. Bagi kamu, kedekatan adalah hadiah dan tetap terjaga di malam hari adalah pekerjaan yang menyenangkan. Kamu suka merasa nyaman dan akan bekerja keras untuk memastikan bahwa anak kamu selalu merasa seperti itu.


4. Pencipta

Kamu percaya dan menghargai pekerjaan yang dilakukan dengan tangan sendiri, dan kamu menghabiskan sebagian besar waktu luang untuk menciptakan. Setelah memiliki anak, kamu ingin membuat berbagai hal, perabot, karya seni, foto, musik. Anak kamu akan menggunakannya untuk mengingat kamu.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH