Kesehatan

4 Sayuran dengan Kandungan Tinggi Zat Besi

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 24 Juni 2022
4 Sayuran dengan Kandungan Tinggi Zat Besi
Sayuran berikut ini kaya akan zat besi. (Foto: Unsplash/Dan Gold)

ZAT besi menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Tanpa asupan zat besi, tubuh bisa kekurangan energi, mudah lelah, pusing, bahkan berdampak pada emosi yang tidak stabil. Terdapat dua bentuk zat besi yang bisa ditemukan dalam makanan.

Pertama yakni zat besi dari hewan (heme) dan zat besi dari tumbuhan (nonheme). Tubuh sebetulnya paling banyak menyerap zat besi dari produk hewani seperti daging, telur, dan ikan. Namun, bukan berarti produk nabati tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi.

Bagi mereka yang menerapkan gaya hidup vegan atau vegetarian, zat besi dari produk nabati akan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, supaya kamu enggak salah pilih, berikut empat sayuran tinggi kandungan zat besi yang bisa kamu konsumsi menurut dr Airindya Bella dari Alodokter.

Baca juga:

5 Rekomendasi Green Smoothies Enak Bebas Rasa Sayuran

1. Bayam

Bayam punya banyak kandungan zat besi. (Foto: Unsplash/Louis Hansel)

Bayam dikenal sebagai sayuran dengan kandungan zat besi tinggi. Dalam 100 gram bayam terkandung sekitar 3,5 mg zat besi atau setara dengan 25 persen kebutuhan zat besi harian. Selain zat besi, bayam juga mengandung banyak vitamin C yang mampu tingkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

2. Kale

Daun kale kaya akan zat besi. (Foto: Unsplash/Adolfo Félix)

Selain menyimpan banyak nutrisi, sayuran rendah kalori ini juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram daun kale terkandung sekitar 1,6 mg zat besi. Selain itu sayuran yang berasal dari kelaurga kubis itu juga mengandung vitamin C yang jumlahnya bahkan lebih tinggi dari jeruk.

3. Brokoli

Kamu bisa dapatkan asupan zat besi dari brokoli. (Foto: Unsplash/Tyrrell Fitness And Nutrition)

Brokoli juga termasuk ke dalam sayuran yang mengandung banyak zat besi. Meski jumlahnya tak sebanyak bayam dan kale, brokoli mengandung 1 mg zat besi untuk setiap 100 gramnya. Brokoli juga kaya akan vitamin C, kalium, fosfor, zinc, dan vitamin A, B, D, E, dan K.

Baca juga:

5 Jus Sayuran Ini Baik Diminum Setelah Berolahraga

4. Kentang

Kentang tinggi akan kandungan zat besi. (Foto: Unsplash/Peter Schad)

Sayuran yang dikenal kaya akan serat itu mengandung zat besi yang jumlahnya tidak sedikit. Dalam 100 gram kentang terdapat 1 mg zat besi. Kentang juga kaya akan kandungan kalium yang bisa mengontrol tekanan darah serta vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh serta mencegah terserang penyakit kronis.

Selain itu agar asupan zat besi dari sayuran oleh tubuh bisa semakin maksimal, kamu juga perlu mengonsumsi sayuran tinggi kandungan zat besi bersama dengan asupan vitamin C atua vitamin A seperti wortel, ubi jalar, labu, jeruk, atau melon.

Kemudian batasi asupan kalsium, misalnya akibat mengonsumsi suplemen kalsium tanpa anjuran dokter, karena bisa menghambat penyerapan zat besi. Hindari pula konsumsi kopi dan teh saat makan sebab dapat mengurangi penyerapan zat besi sekitar 50 persen-90 persen. (waf)

Baca juga:

Banyak Cara Menikmati Menu Sayuran

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan