4 Manfaat Tomat untuk Cegah Sakit

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 05 Mei 2017
4 Manfaat Tomat untuk Cegah Sakit
Tomat, sumber antioksidan yang punya manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay)

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang sering digunakan sebagai bahan campuran pada masakan sayur-sayuran. Rasanya yang asam seringkali dianggap sebagai penambah kelezatan untuk berbagai jenis menu masakan. Tomat juga bisa dikonsumsi mentah dan akan terasa lebih enak jika di jus. Namun, tahukah Anda jika tomat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan Anda?

Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat—seperti yang terdapat pada alpukat dan minyak zaitun—dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh. Kesehatan tubuh Anda pun akan meningkat 2 sampai 15 kali.

Satu buah tomat mengandung banyak sekali nutrisi, di antaranya vitamin A, B6, C, K, folat, dan kalium. Selain itu, tomat juga mengandung sodium, lemak jenuh, kolestrol dan kalori yang rendah. Semua ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang lebih baik. Beragam manfaat lainnya bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi tomat, seperti berikut ini.

1. Menurunkan risiko kanker

Buah tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen. Maka, sering mengonsumsi tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang diketahui dapat menyebabkan kanker. Jenis yang paling umum, yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal atau kanker usus. Likopen pada tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat, sementara betakarotennya yang tinggi dapat membantu mencegah kanker kolorektal.

2. Menormalkan tekanan darah

Mengonsumsi tomat dapat mengurangi asupan natrium yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Di sisi lain, buah tomat memasok asupan kalium tinggi yang mampu mencegah tensi Anda naik. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung, maka makanan tinggi potasium adalah pilihan terbaik, seperti tomat ini.

3. Mengurangi risiko komplikasi pada penderita diabetes

Tomat merupakan sumber antioksidan yang kaya. Antioksidan ini mengurangi kerusakan oksidatif yang dapat mengganggu produksi insulin, yang penting bagi penderita diabetes. Sifat antioksidan pada tomat ini juga memberi perlindungan pada ginjal dan aliran darah, di mana keduanya sangat berisiko terkena dampak dari diabetes. Karena itulah, makan makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti tomat, dapat membantu mengurangi risiko komplikasi pada penderita diabetes.

4. Mencegah sembelit

Banyak mengonsumsi tomat juga bisa menghindari sembelit—yang, jika sering terjadi, dapat meningkatkan risiko kanker usus. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu hidrasi dalam tubuh dan melancarkan buang air besar. Serat sangat penting untuk meminimalkan terjadinya sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa dalam tubuh.

Di balik semua manfaat sehatnya, Anda juga harus tetap memperhatikan kebersihan buah tomat yang akan Anda konsumsi. Tomat menjadi buah yang paling banyak menerima insektisida. Jika kurang baik membersihkannya, maka bisa berakibat buruk untuk konsumsi jangka panjang. Penderita maag atau gangguan lambung disarankan untuk menghindari tomat karena asamnya bisa memperparah gejala maag yang Anda alami.

Baca juga informasi lainnya megenai kesehatan dan kecantikan di sini: Cerahkan Ketiak Dengan 4 Buah Ini.

#Kesehatan #Tips #Tips Kesehatan #Tomat
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan