Cerahkan Ketiak dengan 4 Buah Ini

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Kamis, 04 Mei 2017
Cerahkan Ketiak dengan 4 Buah Ini
Lekukan tubuh cenderung berwarna lebih gelap, seperti ketiak (Foto: Huffpost.com)

Ketiak yang menghitam biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti penggunaan deodoran roll-on secara berlebih, gesekan pakaian, serta mencukur ataupun mencabuti bulu ketiak. Daripada mencukur sendiri, Anda lebih disarankan untuk waxing, karena sel-sel kulit mati di ketiak ikut terangkat. Selain oleh kebiasaan, ketiak menghitam juga dapat disebabkan oleh kondisi tubuh, seperti hiperpigmentasi dan gangguan hormon.

Berbagai klinik kecantikan menawarkan perawatan untuk mencerahkan ketiak (underarm brightening treatment) dan beberapa lekukan tubuh lain yang cenderung menghitam. Namun, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami dari buah-buah berikut ini sebagai alternatif mencerahkan ketiak yang menghitam, seperti yang dilansir Boldsky.

1. Lemon

Lemon ternyata memilki kandungan pemutih yang berguna untuk mencerahkan kulit ketiak Anda yang menghitam. Selain itu, lemon juga mengandung antibakteri yang baik untuk merawat kulit ketiak. Anda cukup memeras satu buah lemon, ambil airnya, lalu dioleskan pada ketiak Anda. Setelah itu, diamkan selama 10 menit lalu cuci hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa rutin melakukan cara ini dua minggu sekali.

2. Nanas

Buah lainnya yang bisa Anda manfaatkan selain lemon, yaitu nanas. Caranya, pijat ketiak Anda menggunakan nanas yang telah dikupas dan dipotong menjadi bagian yang kecil selama 10 menit. Diamkan hingga mengering dan bilas dengan kapas yang telah dicelupkan susu. Perpaduan dua bahan alami tersebut bisa mencerahkan kulit ketiak Anda yang menghitam dalam hitungan hari.

3. Apel

Kandungan protein dan vitamin pada buah apel ternyata efektif dalam membantu mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan dan memeras air dari buah apel tersebut, lalu oleskan pada ketiak Anda. Diamkan beberapa saat, setelah mengering baru bilas hingga bersih.

4. Kulit jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada ketiak. Butiran-butiran kulit jeruk cukup kasar dan mengandung asam cukup tinggi, mempermudah pengelupasan kulit yang menghitam. Ambillah kulit dari satu buah jeruk. Lalu jemur kulit jeruk langsung di bawah sinar matahari hingga benar-benar mengering. Setelah itu, haluskan dengan blender atau penghancur makanan lainnya. Lalu, tambahkan sedikit air atau susu murni agar kulit jeruk sedikit lembab dan dapat menempel.

Setelah jadi, gosokkan kulit jeruk tersebut pada ketiak yang hitam selama kurang lebih 10 menit hingga tampak kulit matinya terkelupas. Bilas dengan menggunakan air dingin. Anda juga bisa menambahkan pelembab seperti madu, minyak zaitun, atau lidah buaya selama 10 menit untuk menjaga kulit ketiak Anda agar tidak terlalu kering dan teriritasi. Setelah itu, bilas kembali hingga bersih. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu hingga kulit ketiak Anda tampak cerah.

Demikianlah bahan alami dari buah-buahan yang bisa Anda gunakan untuk memiliki kulit ketiak yang cerah. Selamat mencoba!

Lihat juga tips dan informasi menarik tentang kecantikan dan kesehatan lainnya di sini: 5 Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari.

#Tips #Tips Kesehatan #Kecantikan #Treatment Kecantikan #Merawat Ketiak #Jeruk Lemon #Buah Apel #Manfaat Buah
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan