4 Makanan yang Efektif Mengobati Ketombe Secara Alami Bahan alami ini mampu mengatasi ketombe pada rambut. (Foto: Pixabay/Bru-No)

PUNYA rambut indah dan kuat pastinya keinginan setiap orang terutama kaum perempuan. Tetapi sayangnya ada saja yang masih memiliki masalah klasik, ketombe.

Ketombe pada umumnya disebabkan karena kelembaban udara pada rambut, malas mencuci rambut atau bergonta-ganti merk sampo. Ketika ketombe muncul dan menggangu kepedean, sudah tentu kamu mati-matian mencari solusinya. Mulai dari shampo sampai obat-obatan. Sayangnya banyak yang tidak mendapatkan hasil positif.

Baca Juga:

Sama-Sama Bikin Gatal, Ini Bedanya Ketombe dan Kutu pada Kulit Kepala

Nah, sudah saatnya menghentikan ketombe secara alami. Menurut laman bollywoodshaadis adas beberapa makanan yang bisa menghilangkan ketombe.

1. Jahe

jahe
Jahe mampu mengurangi ketombe pada rambut. (Foto: Pixabay/couleur)

Ada beberapa manfaat mengonsumsi jahe. Masalah ketombe bukan faktor luar saja, tapi juga bisa karena faktor di dalam. Beberapa orang mungkin memiliki ketombe karena pencernaan yang bermasalah. Jahe mengatasi masalah ketombe kita dengan meningkatkan pencernaan. Selain itu jahe menjauhkan ketombe karena sifat antibakteri dan antijamurnya.


2. Bawang putih

bawang
Bawang putih juga mampu meghilangkan ketombe pada rambut. (Foto: Pixabay/stevepb)


Sifat bawang putih yang memiliki konsentrasi allicin tinggi mampu menyingkirkan ketombe. Senyawa antijamur alaminya membantu menghilangkan ketombe. Ini dapat digunakan baik untuk diet kamu atau dapat langsung diterapkan pada kulit kepala sebagai pengobatan mengatasi ketombe.

Hancurkan bawang putih mentah dan diamkan selama beberapa menit. Lalu oleskan bawang putih yang sudah dihancurkan itu ke kulit kepala. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, disarankan untuk mengencerkan bawang putih atau jus sebelum dioleskan langsung ke kulit kepala.


Baca Juga:

Paduan Ekstrak Avokad dan Buah Lain untuk Masker Rambut Kering


3. Biji bunga matahari

bunga
Biji bunga matahri mampu mengatasi ketombe. (Foto: Pixabay/capri23auto)

Biji bunga matahari merupakan salah satu obat alami terbaik untuk ketombe. Biji bunga matahari memiliki segudang manfaat yang membantu mendapatkan kulit kepala lebih sehat. Seperti membantu mengendalikan produksi sebum. Biji bunga matahari juga dapat membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Dengan demikian, mengontrol ketombe yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.


4. Apel

buah
Selain dimakan aple juga mampu mengatasi ketombe. (Foto: Pixabay/lumix2004)

Apel mampu membantu dalam mengobati ketombe. Cukup dikonsumsi sebagai makan penutup atau dijadikan campuran salad buah. Kalau masih berkotembe lakukan pijat kulit kepala dengan jus apel sebelum keramas. (iel)


Baca Juga:

Kamu Gemar Ubah Warna Rambut! Manfaat Minyak Zaitun Ini Penting Banget Bagi Kesehatan Rambutmu!



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH