4 Kesalahan Fatal yang Bisa Membuat Wajan Jadi Cepat Rusak Jangan sampai wajan tidak awet karena kesalahan kita sendiri. (Foto: Pixabay/Leo Fontes)

WAJAN serbaguna yang bisa memasak banyak hal dijuluki sebagai perabot dapur paling bertahan lama. Wajan ini juga bisa bertahan hingga bertahun-tahun dan bisa memasak tanpa minyak.

Jangan senang dulu! Kalau kamu tidak memakainya secara wajar, bisa jadi wajan tersebut akan rusak sebelum waktunya.

Baca Juga: Tak Hanya Dominasi Perempuan, Saatnya Kaum Bapak Memasak Makanan Enak

Melansir laman Mashed, empat hal ini bisa membuat wajan masakmu jadi cepat rusak. Jadi harus berhati-hati, nih. Apalagi jika kamu membelinya dengan harga mahal.

1. Tidak memakai minyak sebelum masak

(Trivia 1) Diimingi Tak Perlu Minyak, Tetap Masak Tanpa Minyak (Foto Pixabay Taken)
Meski dikatakan tak perlu minyak, tetaplah memasak dengan minyak. (Foto: Pixabay/Taken)

Jangan terlalu terburu-buru untuk memasak, kamu harus melumuri wajan kamu sebelum kamu panaskan. Walaupun wajan kamu katanya memiliki keunggulan untuk memasak tanpa minyak, lebih baik kamu tetap melumurinya sebelum beraksi di atas kompor.

Ketika kamu tak memakai minyak sebelum dipanaskan, wajan tersebut bisa lebih mudah berpori. Jika dilakukan terus menerus akan membuat bumbunya menyatu dengan wajan sehingga membuat masakan yang akan kamu masak akan satu padu rasanya dengan makanan yang kamu masak sebelumnya.


2. Memasukkan wajan ke mesin pencuci

(Trivia 2) Dimasukkan Ke Dalam Mesin Pencuci (Foto Pexels Wendelin Jacober)
Wajan jangan diimasukkan ke mesin pencuci. (Foto: Pexels/Wendelin Jacober)

Jika kamu adalah orang yang sibuk, atau hanya iseng ingin mencoba mesin pencuci perabot dapur, jangan coba-coba masukkan wajan. Meski semua bisa dimasukkan ke dalam mesin pencuci jika kamu sudah selesai memasak, tetapi tidak dengan wajan.

Cara menggosok dan sabun cuci piring dari mesin pencuci membuat wajan menjadi cepat berkarat. Kalau kamu tidak punya waktu untuk mencuci wajan, lebih baik kamu mengelap wajan tersebut dengan kain untuk menghilangkan bekas makanan. Setelah itu, kamu bisa membiarkan wajan tersebut di dapur dan mencucinya untuk keesokan hari.

Baca Juga: Cara Mudah Masak Sendiri Ikan Tongkol Bumbu Kuning

3. Langsung memasukkan bahan sebelum panas

(Trivia 3) Tak Ragu Untuk Memasukkan Bahan Sebelum Panas (Foto Pexels Pixabay)
Masukkan bahan saat wajan sudah panas. (Foto: PixabayStockSnap)

Sebelum memasak apa pun menggunakan wajan, kamu harus membiarkan wajan tersebut panas. Membiarkan bahan ke wajan ketika belum hangat bisa membuat masakan kamu menjadi lengket dan akan membekas di wajan.

Setidaknya, kamu bisa mencoba untuk memanaskan wajan 10 menit, dan cobalah untuk membuat wajan panas menyeluruh dengan memutar wajan. Selain membuat makanan cepat matang, wajan akan menjadi awet karena tidak membuat wajan terlihat gosong di tengah bagian bawah.

4. Wajan dibiarkan basah dalam waktu yang cukup lama

(Trivia 4) Dibiarkan Basah Di Dapur (Foto Pixabay Ernest Roy)
Wajan jangan dibiarkan basah terlalu lama. (Foto: Pixabay/Ernest Roy)

Tak perlu diargumentasi lagi, apa pun jika dibiarkan basah akan menjadi berkarat. Begitu pula dengan wajan, kamu tidak mau kan jika wajan kesayangan kamu berkarat?

Kamu bisa mencoba memanaskan wajan dengan api sedang hingga tidak ada air di sekitar wajan. Lalu biarkan, dibersihkan menggunakan lap kering, dan simpan di tempat aman. Agar wajan tidak lembab atau tetap kering saat disimpan terbalik, letakkan kain pada atas wajan untuk menghindari lecet dan berkarat. (dnz)

Baca Juga: Cara Masak Tanpa Resep, Ini 5 Aturan Dasar yang Harus Kamu Pegang


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH