4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Cat Rambut untuk Pertama Kali Hal ini Harus Dilakukan Sebelum Mengecat Rambut (Foto: Pixabay/Terribileclaudio)

DENGAN kemajuan teknologi dan teknik dalam mengaplikasikan cat rambut rasanya memiliki rambut warna warni sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Terlebih zaman sekarang di mana orang-orang lebih bebas dalam mengekspresikan dirinya sendiri dan cat rambut menjadi salah satu penghubung untuk mewujudkannya.

Sebelum mengecat rambut ada baiknya kamu mempertimbangkan serta menyiapkan banyak hal. Cat rambut mengandung banyak senyawa kimia yang jika salah prosedur bisa membahayakan dirimu sendiri. Melansir dari laman seventeen, cat rambut bisa menyebabkan alergi hingga kerusakan rambut yang parah.

Baca juga:

Gemar Ubah Warna, Manfaat Minyak Zaitun Ini Penting Banget Bagi Kesehatan Rambut

Tetapi jangan takut! jika kamu mengikuti setiap langkah prosedur sebelum mengecat rambut dengan tepat, kamu akan baik-baik saja dengan new look yang keren banget. Apa saja ya kira-kira yang perlu dilakukan sebelum mengecat rambut? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tes Alergi

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Cat Rambut untuk Pertama Kali
Lakukan tes alergi untuk cat rambut (Foto: stylecraze)

Ini merupakan hal yang sering terlewatkan padahal sangat penting untuk dilakukan. Cat rambut memiliki banyak senyawa kimia yang tidak semua orang akan cocok jika kena tubuhnya. Itu lah sebabnya kamu harus melakukan tes alergi terhadap cat rambut yang ingin kamu gunakan terlebih dahulu.

Caranya mudah lho, cukup oleskan sedikit cat rambut di punggung tangan dan belakang kuping. Jika dalam 10 menit tidak terjadi kemerahan atau sensasi panas, maka cat rambutmu aman untuk digunakan.

2. Beli Sampo Khusus Perawatan Rambut Berwarna

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Cat Rambut untuk Pertama Kali
Beli sampo khusus rambut dicat (Foto: Pixabay/Jackmac34)

Rambut yang sudah dicat sudah pasti cenderung kering dan rusak karena lapisan pelindung serta pigmen asli rambut dipecah oleh senyawa kimia yang terdapat di dalam cat rambut. Setelah selesai mengecat rambut, kamu tidak boleh asal menggunakan sampo biasa karena kandungan nutrisinya terlalu sedikit.

Sampo khusus rambut berwarna memiliki nutrisi yang lebih banyak dan khusus untuk merawat pigmen sehingga akan memenuhi kebutuhan rambutmu.

Baca juga:

Teknik Pewarnaan Rambut Ombre Berevolusi menjadi Color Melting

3. Pastikan Kesehatan Rambut

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Cat Rambut untuk Pertama Kali
Pastikan kesehatan rambut (Foto: Pixabay/Katyandgeorge)

Sebelum mengecat rambut ada baiknya kamu memastikan kesehatan rambut. Jika rambutmu sejak awal sudah kering dan bercabang, jangan coba-coba untuk mengecat rambut. Bila kamu memaksakan diri untuk tetap mengecat, rambutmu akan semakin rusak dan bisa mengalami kebotakan.

4. Gunakan Clarifying Shampoo Sebelum Mengecat Rambut

4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Cat Rambut untuk Pertama Kali
Gunakan clarifying shampoo sebelum cat rambut (Foto: Pixabay/Artursfoto)

Banyak orang yang salah kaprah mengenai clarifying shampoo. Biasanya orang akan menggunakan clarifying shampoo setelah selesai mengecat rambut padahal seharusnya sebelum memulai proses pengecatan.

Clarifying shampoo berfungsi untuk membersihkan partikel-partikel yang tidak dibutuhkan rambut dan kebetulan masih menempel pada rambut seperti sisa creambath atau vitamin rambut.

Kamu perlu menggunakan sampo ini sebelum mengecat untuk menyiapkan base rambut agar cat cepat meresap dengan rata. Jika kamu menggunakan sampo ini setelah mengecat, warna catnya akan luntur. (mar)

Baca juga:

Pink, Jadi Tren Warna Rambut Selebritas Hollywood Saat Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH