4 Cara Efektif Mengusir Lalat Secara Alami

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 29 Juni 2022
4 Cara Efektif Mengusir Lalat Secara Alami
Sebaiknya mengusir lalat dengan cara alami. (Foto: Unsplash/Aphilip Veater)

LALAT memang sangat mengganggu. Kehadirannya di rumah berpotensi menyebarkan penyakit. Apalagi bila hinggap di makanan atau minuman. Serangga kecil ini bisa membawa sekitar 100 kuman, seperti antraks, tipus, tuberkolosis, dan diare.

Salah satu cara mengusir lalat adalah dengan rutin menjaga kebersihan rumah. Hal itu dikarenakan lalat tidak menyukai suatu tempat yang bersih. Selain menjaga kebersihan, cara mengusir lalat juga bisa dilakukan dengan sejumlah bahan alami yang mudah ditemukan di rumah atau di pasaran sebagai cara mengusir lalat yang ampuh. Laman irishexaminer memberikan cara menghalau serangga ini dari rumah.

Baca Juga:

Startup Singapura Ternak Larva Lalat Pemakan Sampah

cengkeh
Aroma cengkeh membuat lalat kabur. (Foto: Unsplash/Afif Kusuma)

Cengkeh

Letakan wewangian cengkeh di sejumlah titik dimana lalat sering hinggap. Arom cengkeh mempunyai bau khas yang sangat tajam dan sangat tidak disukai lalat. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan cengkeh sebagai cara mengusir lalat dengan merendam beberapa biji cengkeh pada air. Lalu simpan rendaman tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Bunga lavender

Tanam bunga lavender di pot yang akan membuat lalat tak berani masuk rumah. Pada opsi kedua sebagai cara mengusir lalat yang ampuh adalah dengan mengambil bunga-bunga lavender itu ditempatkan pada vas bunga atau gelas. Bunga lavender yang berkembang akan menebarkan aroma yang dapat mengusir lalat. Selain itu rumah juga akan terlihat lebih cantik.

Baca Juga:

Tanda Rumahmu Jadi 'Sarang' Serangga

lavender
Bunga lavender mengusir lalat dan mempercantik interior rumah. (Foto: Unsplash/Joanna Kosinska)

Daun pandan

Daun pandan bukan hanya untuk penyedap masakan. Namun bisa dijadikan senjata untuk mengusir lalat. Daun yang berbentuk panjang dan berwarna hijau ini menebarkan aroma yang tak disukai oleh lalat. Tak perlu menanam pandan untuk mengusir lalat. Cukup dengan mengiris halus beberapa helai daun pandan. Masukan dalam wadah mangkuk atau piring, letakan di tempat yang biasanya dihinggapi lalat.

Mentimun

Mentimun tidak hanya nikmat untuk lalapan. Lebih dari itu bisa dijadikan senjata alami melawan lalat. Caranya mudah sekali, hanya menempatkan irisan mentimun dalam wadah yang kemudian letakan di area yang dihinggapi lalat. Dijamin lalat mulai berkurang di rumah kamu. (Mrf)

Baca Juga:

Pakai Bahan dari Dapur, Kecoak Kabur

#Kesehatan #Rumah
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan