hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
4 Bahaya Rontgen yang Belum Banyak Diketahui Bahaya Rontgen yang Tidak Diketahui Banyak Orang (Foto: Pixabay/Public Domain Pictures)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

DIAKUI dalam dunia medis, rontgen atau merupakan salah satu teknik medis yang dikenal hampir semua orang. Rontgen tidak mengenal umur, siapapun boleh menggunakannya asal dengan alasan yang tepat dan sesuai kebutuhannya.

Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh rontgen terutama bagi mereka yang sudah sakit kronis dan harus dideteksi lebih dalam. Untuk mengetahui penyakit tertentu, dokter seringkali harus melihat kondisi bagian dalam tubuh pasien yang tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Rontgen adalah sinar X yang digunakan untuk menampilkan bagian dalam tubuh tanpa harus dibedah terlebih dahulu. Biasanya pasien yang memerlukan rontgen adalah mereka yang mengalami keretakan tulang atau kerusakan organ dalam. Meskipun manfaatnya sangat banyak, rontgen rupanya berbahaya untuk tubuh jika dilakukan terlalu sering. Apa saja ya bahayanya?

1. Pemicu Kanker

4 Bahaya Rontgen yang Belum Banyak Diketahui
Rontgen memicu kanker (Foto: Pixabay/Raw Pixels)

Sampai saat ini pernyataan soal rontgen dapat memicu pertumbuhan sel kanker masih diperdebatkan oleh ahli kesehatan. Dilansir dari American Cancer Society, dosis rontgen untuk pasien sama sekali tidak boleh salah.

Baca juga:

Apa Benar 'Earphone' Bluetooth Menyebabkan Kanker?

Karena sinar X merubah mutasi genetik dalam tubuh yang dapat memicu kanker. Tetapi bukan berarti kamu tidak boleh melakukan rontgen. Hanya saja perhatikan keperluan dan dosisnya.

2. Perubahan Mutasi Genetik

4 Bahaya Rontgen yang Belum Banyak Diketahui
Perubahan mutasi genetik (Foto: Pixabay/Geralt)

Jika tidak melalui prosedur yang tepat dan terlalu sering dilakukan, rontgen dapat merubah mutasi genetik janin dalam ibu hamil. Akibat dari perubahan itu, bayi yang dikandung bisa lahir dalam kondisi cacat fisik maupun cacat mental.

Meskipun rontgen dibutuhkan tetapi alangkah baiknya untuk tidak terlalu sering melakukannya. Tidak hanya berlaku untuk janin, perubahan mutasi genetik ini juga bisa terjadi pada tubuh kita sendiri.

Baca juga:

Mengidap Penyakit Langka, Perempuan Ini Kebal Stres, Depresi, dan Rasa Sakit

Perubahan mutasi genetik dapat mengakibatkan banyak hal salah satunya penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan seperti kanker, tumor, dan cacat fisik.

3. Kemandulan

4 Bahaya Rontgen yang Belum Banyak Diketahui
Rontgen juga bisa menyebabkan kemandulan (Foto: Pixabay/Fxq19910504)

Sinar X mampu merubah mutasi genetik pada tubuh sendiri dan yang paling rentan terkena perubahan adalah organ reproduksi sehingga menyebabkan kemandulan.

Baca juga:

Makanan Cepat Saji Sebabkan Kemandulan?

Kualitas sperma yang dihasilkan laki-laki akan menurun sedangkan untuk perempuan sirkulasi menstruasinya akan kacau.

4. Penurunan Produksi Sel Darah

4 Bahaya Rontgen yang Belum Banyak Diketahui
Penurunan produksi sel darah (Foto: Pixabay/Qimono)

Melakukan rontgen terlalu sering dapat menyebabkan menurunnya sel darah dalam tubuh karena paparan sinar X. Akibatnya kamu bisa terkena anemia. Tubuh akan terus menerus terasa lemas dan mudah lelah. (mar)


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5