3 'Lifehack' Sederhana Menggunakan Sabun Batangan Gunakan sabun batang kamu untuk banyak manfaat (Foto: Pixabay/silviarita)

SAAT ini mungkin kamu lebih memilih sabun mandi berbentuk cair karena lebih praktis dibanding sabun batang. Meski demikian, tahukah kamu jika sabun batang memiliki banyak manfaat selain untuk bebersih?

Melansir laman brightside, sebatang sabun ternyata telah digunakan untuk keperluan rumah selama beberapa generasi lho, bahkan orang Mesir kuno meyakini bahwa sabun ini memiliki zat multifungsi yang bermanfaat untuk kita.

Baca juga:

3 Tips Menyulap Pakaian Kembali Terlihat Seperti Baru

Mulai dari memperbaiki risleting yang macet hingga menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, berikut manfaat-manfaat lain sabun batangan yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Mengatasi risleting macet

Kegunaan Lain Sabun Batangan yang Belum Pernah Terpikirkan Sebelumnya
Atasi risleting macet dengan sabun batang (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Kamu mungkin merasa panik ketika risleting macet, apalagi yang macet itu risleting celana favorit kamu. Ya, mungkin kamu bosan mendengar kata-kata ini yang memang tidak salah untuk dilakukan yaitu jangan khawatir dan jangan panik.

Jika risleting tidak bisa digerakkan dan kamu mulai kehilangan kesabaran, ambil saja sabun batang dan gosok di sepanjang bagian belakang risleting untuk melicinkannya. Kemudian dengan lembut cobalah untuk menggerakkan risleting tanpa menariknya terlalu keras.

Memperbaiki pintu yang berbunyi ketika digerakkan

Kegunaan Lain Sabun Batangan yang Belum Pernah Terpikirkan Sebelumnya
Atasi pintu yang berbunyi dengan sabun batang (Foto: Pixabay/MichaelGaida)

Mungkin pintu di rumah kamu yang berdecit atau yang berbunyi ketika digerakkan sedikit terasa horor, apalagi ketika sendirian di malam hari. Ternyata, sabun batang bisa mengatasi masalah pada pintu kamu itu lho.

Baca juga:

5 'Lifehack' Menggunakan Freezer yang Belum Banyak Diketahui

Sabun adalah pelumas yang bagus untuk memperbaiki pintu berdecit tersebut. Jika kamu ingin memperbaiki laci yang lengket dan pintu yang berdecit, cukup gosokkan sedikit sabun pada engsel pintu dan pada tepi laci. Sabun akan bertindak sebagai pelumas sehingga semuanya akan terbuka dengan lancar tanpa suara yang mengganggu kamu di rumah.

Menyegarkan sepatu dari bau tak sedap

Kegunaan Lain Sabun Batangan yang Belum Pernah Terpikirkan Sebelumnya
Atasi sepatu bau tak sedap dengan sabun batang (Foto: Unsplash/greg_rosenke)

Sepatu menjadi bau tidak sedap akibat rutinitas harian, tetapi kamu ingin sepatu menajdi beraroma kembali dengan instan? Ya, kamu bisa dan tidak itu bukan mimpi.

Mengutip laman huffpost, untuk membuat sepatu favorit kamu beraroma, cukup masukkan sabun batang ke dalam sepatu. Kamu bisa meninggalkannya semalaman, lalu keluarkan sabun itu di pagi harinya. Untuk memperpanjang efeknya, kamu bisa ulangi prosedur ini 2-4 kali seminggu.

Ya, itu dia tiga manfaat lain dari sabun batangan. Perlu diingat, sabun yang kamu gunakan untuk tiga hal di atas jangan dijadikan untuk mandi ya. Lebih baik pisahkan sabun batang untuk mandi dan untuk manfaat keperluan rumah. (arb)

Baca juga:

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Menggunakan Lemari Es


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH