3 Fakta Menarik Tentang Ubay, Sang Vokalis Baru Nidji Ubay siap memberikan warna baru bagi Nidji (Foto: ist)

GRUP band Nidji baru saja mengumumkan sosok vokalis baru mereka, Muhammad Yusuf Nur Ubay, atau yang akrab disapa Ubay.

Ubay kelahiran Magelang, 29 Maret 1996. Vokalis baru Nidji ini mulai dikenal publik lewat ajang pencarian bakat Indonesian Idol.

Langkahnya di Indonesian Idol musim ke delapan tahun 2014 cukup gemilang. Berkat kemampuan tarik suaranya yang gemilang, dan bisa mengkombinasikan vokal dan permainan saksofon, Ubay sukses mencapai peringat Ke-5 di babak spektakuler.

Usai dari Indonesian Idol, Ubay juga sempat merilis single perdananya di bulan Februari 2015 lalu. Single bertajuk Falling In Love. Lalu pada tahun berikutnya, penyanyi berusia 22 tahun ini kembali merilis single yang berjudul Number One Girl.

Hingga akhirnya, berkat doa dan usaha yang gigih, pada tanggal 2 Februari 2019 lalu, Ubay resmi terpilih menjadi vokalis Grup Band Nidji. Pencapaian tersebut didapat Ubay dengan proses yang cukup panjang

1. Mendapat Kenyamanan dengan Nidji

Ubay mendapat kenyamanan dalam grup Band Nidji (Foto: ist)


Usai beberapa hari resmi bergabung dengan Nidji, Ubay merasakan sesuatu yang baru dan berbeda. Salah satunya ialah ketika Ubay menjalani proses rekaman pertama kalinya dengan Nidji.

Ubay mengaku sangat senang, dan tak menyangka jika prosesnya berjalan dengan sangat lancar. Hal itu tentu tak terlepas dari dukungan personel Nidji yang lainnya.

"Seru banget pas rekaman, salah satu hal yang Ubay suka dari temen-temen Nidji, semuanya demokratis, jadi bisa diterima masukan dari Ubay dan juga usulan yang lainnya" Ucap Ubay saat ditemui merahputih.com di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (6/2).

Menjadi penerus Giring Ganesha, yang notabene merupakan salah satu icon dari Nidji. Tentu merupakan suatu beban tersendiri. Kendati demikian Ubay tak lantas pesimis. Justru dirinya sangat yakin dapat memberikan warna baru untuk Nidji.

"Beban sih pasti ada, cuma kita ya harus intens dulu untuk latihan dll, untuk membuktikan saya layak meneruskan perjuangannya mas Giring" lanjut Ubay.


2. Lebih Pilih Band Ketimbang Solo

Ubay mengaku lebih memilih tampil dari grup Band ketimbang Solo (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Saat di ajang pencarian bakat indonesian Idol, Ubay dikenal dengan penyanyi solo, yang dapat mengombinasikan kemampuan vokalnya dengan permainan saksofon.

Bahkan Ubay juga sudah menelurkan beberapa single. Kendati demikian, Ubay mengaku lebih nyaman berada dalam sebuah grup band. Karena ia tak berganti-ganti band pengiring seperti ketika bernyanyi solo. Dirinya pun merasa memiliki rumah dan keluarga baru saat bergabung dengan Nidji.


3. Sempat Ingin Berhenti Bermusik dan Jadi Tentara

Ubay sempat bercita-cita menjadi Tentara (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Kecintaan pria bernama lengkap Muhammad Yusuf Nur Ubay tersebut dengan musik, ternyata sudah sedari kecil. Semasa sekolah Ubay pun kerap manggung dengan grup band nya kala itu yang bernama 'Spektrum'.

Rupanya, saat masa-masa sekolah dulu, Ubay telah menyukai lagu-lagu dari grup band Nidji, salah satunya ialah Hapus Aku.

Namun ada suatu pengakuan yang mengejutkan dari Ubay, dirinya mengaku sempat ingin memilih berhenti bermusik dan menjadi seorang tentara.

"Saya tadinya pengen jadi tentara pas SMA, di AKABRI gitu kan, dan pengen berhenti bermusik, tapi ya setelah saya jalanin gabisa, karena dengan musik saya bisa dapat kesempatan-kesempatan yang luar biasa" tutur Ubay.

Menjadi vokalis baru dalam sebuah grup band besar, yang telah 17 tahun melanglang buana di industri musik Indonesia. Tentu bukan hal mudah, pastinya akan ada berbagai komentar positif atau negatif, yang mungkin bisa memperngaruhi emosional seorang artis. Saat ditanya hal tersebut, Ubay menjawabnya dengan santai.

"Siap gasiap harus siap, karena netijen maha benar hehehe" tutup Ubay. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Kemeriahan Geloranada 'Grooves On A Plate'

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH