3 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Mengenakan Masker Jangan lupa pake sunblock ya! (Foto: Allure)

SEJAK COVID-19 mulai menyebar di seluruh dunia, masker wajah menjadi item wajib yang digunakan setiap keluar rumah. Meski harganya melonjak gila-gilaan, masker tetap dibeli demi menjaga keselamatan diri sendiri.

CDC memang menjelaskan bahwa menggunakan masker wajah merupakan langkah yang penting untuk menghentikan penyebaran virus, namun bukan berarti itu tidak menyebabkan efek samping.

Selain tidak nyaman ketika bernafas dan berkomunikasi, penggunaan masker juga bisa menjadi masalah besar bagi kulit. Dr. Doris Day, dermatologis bersertifikat di New York mengatakan bahwa ia telah menemukan banyak pasien dari segala usia yang bereaksi dengan penggunaan masker mulai dari iritasi, breakout, sampai infeksi.

Dilansir dari Forbes, ini tiga tips yang harus diperhatikan ketika menggunakan masker untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Baca juga:

Album Chromatica Lady Gaga Mengingatkan Kita Pada Karyanya di 2009

1. Pilih masker tanpa warna

Gunakan masker berwarna putih. (Foto: The Lincolnite)
Gunakan masker berwarna putih. (Foto: The Lincolnite)

Di tengah pandemi seperti ini, kamu pasti banyak melihat dan mendengar tentang pilihan-pilihan masker yang ada mulai dari N95, surgical mask, sampai masker kain buatan rumah.

"Jika kamu tidak membutuhkan masker N95 untuk keperluan di rumah sakit atau sebagai pekerja garis terdepan, masker dari katun putih juga merupakan pilihan yang tepat," ungkap Dr. Day.

Masker berwarna putih cocok digunakan karena pewarna kain bisa menimbulkan alergi, apalagi warna biru. Kamu juga harus rajin untuk mencuci maskermu untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

2. Gunakan tabir surya untuk menghindari warna kulit yang belang

Masker menjadi item yang wajib tiap pergi keluar. (Foto: Business Insider)
Masker menjadi item yang wajib tiap pergi keluar. (Foto: Business Insider)

Tabir surya alias suncreen memang selalu menjadi bagian yang penting dalam rutinitas skincare. Meski begitu, penggunaan tabir surya menjadi semakin penting lagi jika kamu menggunakan masker.

Jika tidak menggunakan tabir surya, kamu bisa mengalami kulit yang belang antara bagian yang terlindungi masker dan yang tidak. Menurut Dr. Day sendiri, dibutuhkan waktu selama beberapa minggu sampai beberapa bulan untuk bisa mengatasi warna kulit yang belang.

"Sangat penting untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 50 keatas, gunakan sebelum menggunakan masker, dan gunakan lagi secara reguler ketika berpergian," ungkap Dr. Day. Penggunaan reguler yang dimaksudkan adalah setiap jam jika kamu berolahraga atau berenang. Kamu juga bisa menghindari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan topi atau kaca mata hitam.

Baca juga:

Rihanna, Beyoncé, Lady Gaga, dan Harry Styles Buka Suara Soal Tragedi George Floyd

3. Hindari penggunaan make-up di bawah masker

Tetap tampil cantik menggunakan masker dengan eye make-up. (Foto: Essence)
Tetap tampil cantik menggunakan masker dengan eye make-up. (Foto: Essence)

Make-up memang menjadi salah satu alasan utama kerusakan kulit, apalagi jika digunakan di bawah masker. Dilansir dari Forbes, pakai make-up dan ditimpa masker bisa menjebak oksigen dan tidak memungkinkan kulit untuk bernapas. "Riasan di bawah masker bisa membuat iritasi dan menimbulkan pomade acne," ungkap Dr. Day.

Hindari penggunaan make-up pada bagian bawah wajah yang tertutup masker. Kamu bisa menggunakan riasan mata yang menonjol agar tetap terlihat menawan ketika menggunakan masker. (shn)

Baca juga:

Microsoft Gantikan Jurnalisnya dengan Robot


Tags Artikel Ini

Shenna