3 Cara Mengatasi Anxiety Selama Pandemi COVID-19 Apakah kamu pernah berdekatan dengan orang sakit akhir-akhir ini? (Foto: pixabay/free-photos)

KEPANIKAN terhadap COVID-19 memang dirasakan semua orang di seluruh dunia. Baik menonton TV maupun bermain ponsel, kata-kata 'Corona' pastinya akan menghantui timeline kamu.

Laman Health mengatakan kecemasan atau anxiety yang timbul akibat pandemi global ini terbilang wajar dan bisa dipahami. Meski tidak bisa mengontrol penyebaran virus yang tidak terlihat ini, kamu tetap bisa mengontrol tentang reaksimu terhadap hal tersebut kok.

Berikut beberapa hal yang bisa meredakan anxiety kamu di tengah pandemi COVID-19, misalnya:

Baca juga:

Social Bubbles, Cara Nongkrong Aman di Tengah Pandemi

1. Cek seberapa besar risiko pribadimu terkena COVID-19

Cemas selama pandemi COVID-19 itu wajar. (Foto: pixabay/absolutvision)
Cemas selama pandemi COVID-19 itu wajar. (Foto: pixabay/absolutvision)

Alicia H. CLark, PsyD, seorang psikolog dan penulis buku Hack Your Anxiety menyarankan untuk mengecek seberapa besar risiko kita terkena COVID-19 secara personal. Caranya dengan mencari tahu apakah ada kasus positif atau dugaan kasus positif COVID-19 di sekelilingmu. Kamu juga bisa mengingat-ingat apakah kamu pernah terpapar dengan orang yang sedang sakit akhir-akhir ini.

Kamu juga bisa menilai apakah ada gangguan kesehatan yang kamu rasakan seperti kesulitan bernapas atau merasa badanmu kurang vit. Langkah ini diambil bukan untuk membuatmu tambah cemas, melainkan untuk memberikanmu kontrol terhadap kesehatan serta kerentananmu terhadap penyakit atau virus.

2. Batasi konsumsi media tentang COVID-19

Jangan terlalu banyak membaca berita tentang virus Corona. (Foto: pixabay/free-photos)
Jangan terlalu banyak membaca berita tentang virus Corona. (Foto: pixabay/free-photos)

Virus Corona memang bukan bercandaan, tetapi pemberitaan yang berlebihan bisa memperparah anxiety alias kecemasanmu. "Batasi konsumsi pemberitaan sekali sehari jika kamu merasa mudah terpicu oleh berita, dan batasi perhatianmu hanya kepada sumber berita yang memiliki reputasi," jelas Clark kepada Health.

Baca juga:

Sekolah Ini Memberikan Layanan Pre-School dan TK Secara Online

3. Ikuti metode pencegahan dengan benar

Ikuti protokol kesehatan dengan baik. . (Foto: pixabay/holgersfotografie)
Ikuti protokol kesehatan dengan baik. (Foto: pixabay/holgersfotografie)

Jika kamu terlalu cemas akan pandemi COVID-19, kamu bisa melakukan segala tindakan pencegahan yang disarankan CDC. Pastikan untuk menghindari orang-orang yang sedang sakit, dan jangan menyentuh mata, hidung dan mulut ketika sedang berada di luar. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Ingatlah, mengikuti protokol kesehatan adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan dalam situasi seperti ini. (shn)

Baca juga:

Menurut Penelitian, Laki-Laki Botak Lebih Berisiko Terinfeksi Virus Corona

Sumber : https://www.health.com/condition/anxiety/coronavirus-anxiety
Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH