Wisata Heritage di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 02 Maret 2016
Wisata Heritage di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta
Tembi Rumah Budaya, Jalan Parangtritis Km 8, Timbulharjo, Bantul, DI Yogyakarta. (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Tembi Rumah Budaya merupakan salah satu destinasi wisata heritage atau warisan budaya. Di sini Anda akan disuguhi banyak aktivitas bernuansa heritage.

Aktivitas tersebut di antaranya membatik bersama para pembatik asli, menatang atau memainkan wayang bersama para ahlinya, memainkan musik tradisi bersama seniman tradisi, mewarnai wayang kulit, menata kerajinan batok, belajar menari, hingga melukis bersama seniman lukis. Selain itu, wisatawan juga akan ditawarkan sensasi menikmati pemandangan sawah desa dengan menaiki ontel klasik, membajak sawah, outbond ke spot-spot kedesaan, hingga masak-memasak kuliner tradisional.

Tembi Rumah Budaya adalah tempat penginapan yang dikemas dengan beragam nuansan dan aktivitas seni budaya. Wisatawan yang menginap juga disuguhi pemandangan asri yang benar-benar berlatar pedesaan.

Rumah-rumah penginapannya didesain unik. Berupa rumah tradisional. Bahkan, tidak hanya bernuansa tradisi rumah Jawa, bahkan ada satu rumah tradisi asli Sumedang (Jawa Barat). Di sini terdapat sembilan rumah penginapan, yakni Badegan, Wuryantoro, Adikarto, Ngadirojo, Gandjuran, Polaman, Morangan, Kriyan Lor, dan Kriyan Kidul.

Benda-benda tradisional juga dapat dinikmati di sini. Semua tersimpan rapi di museum Tembi Rumah Budaya. Museum ini menyimpan wayang berbagai jenis wayang, lukisan klasik hingga kekinian, bahkan koleksi benda-benda bersejarah.

Pendirian Tembi Rumah Budaya bermula dari keberadaan lembaga studi Jawa pada tahun 1995. Pegiatnya, salah satunya, ialah Swantoro, bekas wartawan harian Kompas. Selanjutnya, anak Swantoro, Norbertus Nuranto menggagas konsep "rumah budaya" untuk daya tarik wisatawan, hingga akhirnya terbentuk Tembi Rumah Budaya.

"Awalnya kita berpikir, dalam diskusi-diskusi, bagaimana membuat namanya terkesan Jawa tapi sesungguhnya mewadahi banyak kebudayaan. Maka dipakailah nama dusun di sini, Tembi, yang dianggap mewadahi keinginan itu," papar mantan direktur Tembi Rumah Budaya Ons Untoro saat ditemui merahputih.com di Tembi, Jalan Parangtritis Km 8, Timbulharjo, Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (2/3).

Tembi Rumah Budaya telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan penyuka heritage. Selain menawarkan suasana dan aktivitas yang sarat nuansa tradisionalnya, Tembi juga menyediakan makanan-makanan tradisional. Di antaranya pecel, wader lombok ijo, bakmi jowo, nasi organik, gudeg, dawet, gudangan. Selain itu, Tembi juga menyediakan menu spesial heritage, seperti bajing tongseng dan bajing ireng.

Bagaimana, menarik bukan? Wisata heritage ke Tembi Rumah Budaya wajib menjadi pilihan utama bila ingin menikmati segala hal yang berbau pedesaan tardisional. (fre)

BACA JUGA:

  1. Yuk Berpetualang di Goa Gelatik Yogyakarta
  2. Pantai Congot Surganya Nelayan di Yogyakarta
  3. Pemerintah Dorong Pemberdayaan Objek Wisata Religi
  4. Kejar Target Kunjungan Wisatawan, Presiden Sidak Danau Toba
  5. Yuk Wisata Candi ke Gedong Songo Semarang
#Wisata Sejarah #Tembi Rumah Budaya #Wisata Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan