Sulit Buktikan Sebab Kematian Wayan Mirna Salihin Tanpa Diotopsi

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 07 September 2016
Sulit Buktikan Sebab Kematian Wayan Mirna Salihin Tanpa Diotopsi
Keterangan saksi ahli dalam kasus Jessica Kumala Wongso menyatakan sulit temukan penyebab kematian Mirna tanpa otopsi (Foto: MP/Bertolomeus Papu)

MerahPutih Megapolitan - Ahli Patologi Forensik Universitas Indonesia Djaja Surja Atmadja mengatakan sebaiknya saat Mirna dinyatakan meninggal langsung dilakukan otopsi untuk memastikan dan mengetahui penyebab kematianya.

"Kalau hanya mengambil sampel organ sana saja seperti pemeriksaan di bagian luar. Seharusnya pada saat Mirna dinyatakan meninggal perlu dilakukan otopsi guna mengetahui penyebab kematiannya. Kalau seperti ini tidak bisa ditentukan," kata Djaja saat memberikan keterangan di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (7/9).

Djaja sempat menjelaskan tim forensik dari Mabes Polri tidak mengotopsi jenazah korban dan hanya melakukan pemeriksaan luar patologi anatomi dan pengambilan sampel hati, empedu, ginjal serta urine. Hasil pemeriksaan yang tidak menemukan sianida di semua organ yang diteliti kecuali pada lambung, di mana terdapat 0,2 miligram perliter sianida itu dikerjakan karena pihak keluarga Jessica tidak mengizinkan adanya otopsi.

"Inilah kesalahan keluarga yang tidak memberi izin untuk mengotopsi korban. Kalau saya menjadi dokter forensiknya, polisi akan saya dorong untuk lebih mendesak keluarga melakukan otopsi karena memang sangat penting. Otopsi membuat dokter bisa memastikan kematian dengan melihat langsung keadaan organ korban," jelasnya.

Pentingnya otopsi ini sendiri sebelumnya juga disebutkan oleh pakar patologi forensik Universitas Queensland, Australia, Beng Beng Ong, yang didatangkan pengacara terdakwa, dan ahli kedokteran forensik Universitas Indonesia Budi Sampurna, saksi ahli jaksa.

Menurut Budi pada sidang sebelumnya, kematian Mirna dapat langsung dipastikan dengan melakukan otopsi.(Abi)

BACA JUGA:

  1. Keterangan Hartanto Sukmono di Sidang Jessica Masih Diperdebatkan
  2. Saksi Hartanto Nyatakan Duduk Dekat Mirna Saat di Kafe Olivier
  3. Otto Hasibuan Masih Ngotot Soal CCTV Kafe Olivier
  4. Salahgunakan Izin Tinggal, Imigrasi Tahan Paspor Ahli Patologi Beng Ong
  5. Tim Kuasa Hukum Jessica Dampingi Beng Ong Saat Diperiksa Imigrasi

 

#Saksi Ahli #Jessica Kumala Wongso #Wayan Mirna Salihin
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan