Semangat dan Disiplin Tinggi Alasan Rudy Hartono Juarai All England Legenda Bulutangkis Indonesia Rudy Hartono (MerahPutih/Muchammad Yani)

Merahputih raket- Kehebatan sang maestro Rudy Hartono Kurniawan di olahraga bulutangkis memang sudah tidak diragukan lagi. Saat muda, Rudy bahkan pernah memenangkan kejuaraan dunia All England hingga delapan kali berturut-turut.

Dengan dukungan semangat ayahnya Zulkarnain Kurniawan, Rudy Hartono kecil termotivasi untuk dapat menjuarai pertandingan bulutangkis. Terlebih saat itu dari tangan senior Rudy, Tan Joe Hok, Indonesia menjuarai kejuaraan All England untuk pertama kalinya.

"Pada waktu itu Indonesia pada tahun 1958 merebut piala Thomas pertama kalinya. Sehingga banyak pemain bulutangkis menjadi yakin bahwa Indonesia mampu merebut juara bulutangkis. Ayah saya termasuk orang yang punya keyakinan itu dan mengenalkan bulutangkis kepada saya," kenang Rudy.

Kehidupan Rudy Hartono memang terbilang disiplin. Keterbatasan di masa itu tak membuat Rudy patah semangat. sejak umur delapan tahun setiap harinya Rudy selalu berlatih bersama sang ayah yang juga seorang pemain bulutangkis.

"Saya juga dilatih bukan cuma bulutangkis tapi olahraga lari dan olahraga lain yang bisa menguatkan stamina. Jadi sebelum sekolah saya berlatih paling tidak berlari atau loncat tali dan itu saya lakukan setiap hari. Pulang sekolah saya juga berlatih bulutangkis," ucapnya, di kantor Kartu Merah Putih Indosat, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (25/1).

Delapan tahun berlalu, akhirnya Rudy dipanggil oleh pelatnas di Jakarta untuk lebih mendalami bulutangkis. Disaat itulah Rudy mulai menunjukan prestasinya. Pada umur 18 tahun mimpinya tercapai untuk menjuarai All England.

"Disitu saya mulai mendapatkan banyak pelajaran dan banyak keahlian. Dalam waktu dua tahun saya sudah punya prestasi yang cukup mengesankan, yaitu diumur 18 tahun saya menjadi juara All England pada tahun 1968," ujar Rudy yang kini menjabat Ketua Umum Yayasan Olahragawan Indonesia (YOI). (yni)

 

BACA JUGA:

  1. 17 Pebulutangkis Ikuti Bidding Sponsor
  2. Pebulutangkis Israel, Misha Zilberman Bisa Berlaga di Jakarta
  3. Kejuaraan Dunia Bulutangkis
  4. Selebrasi Kemenangan Tim Bulutangkis Indonesia
  5. Bulutangkis Indonesia Sumbang Medali Emas

 



Raden Yusuf Nayamenggala

YOU MAY ALSO LIKE