Robot Sudah Bisa Belajar dari Kesalahan Sendiri

Fadhli Fadhli - Jumat, 04 September 2015
Robot Sudah Bisa Belajar dari Kesalahan Sendiri
frank lewis, peneliti dari University of Texas Arlington yang bertanggung jawab pada pengembangan kecerdasan buatan. (Foto: University of Texas Arlington)

MerahPutih Teknologi - Robot dan kecerdasan buatan sudah berkembang dengan cepat. Seperti yang dikabarkan University of Texas Arlington (UTA) pada Selasa (1/9), mereka mengatakan bahwa robot dan kecerdasan buatan kini sudah bisa belajar dari kesalahan mereka sendiri.

Robot dan kecerdasan buatan itu harus berhenti sejenak saat melakukan kesalahan untuk kemudian memproses kesalahan tersebut agar tidak terulang kembali. Bahkan para peneliti mengungkapkan kemungkinan robot tidak harus lagi berhenti sejenak di masa depan.

Seperti dijelaskan dalam situs resmi UTA, para peneliti telah mematenkan teknik mereka ini yang dinamakan Integral Reinforcement Learning, dengan definisi perangkat yang dapat memperbaiki tindakan mereka berdasarkan keputusan yang telah dibuat sebelumnya.

Dalam situsnya juga dijelaskan, jika mesin tidak menemukan cara untuk menangani tugas, maka mereka dapat berjalan sesuai dengan beberapa skenario, entah itu dengan memprediksi hasil atau mencoba hal baru hingga mendapatkan solusi yang tepat.

Menurut para peneliti pendekatan ini dapat berguna untuk setiap tugas komputasi dengan optimasi tindakan yang konstan, seperti sistem auto pilot atau alat kontrol emisi pada kendaraan, tentunya akan memiliki fungsi yang sangat berguna dalam perangkat robotika.

Teknologi ini dikatakan dapat membantu dalam bidang robotika karena kini sudah banyak robot difungsikan pada banyak pekerjaan, namun robot-robot itu hingga kini masih belum bisa beradaptasi dengan baik pada keadaan tidak terduga.

Dengan mengaplikasikan teknologi ini, maka robot dapat berimprovisasi layaknya manusia, tanpa harus menunggu perintah dari operator. Serta dapat membuat keputusan terbaik dalam situasi terburuk.

 

Baca juga:

Andreno 530 Kuat Dukung Virtual Reality

Apple akan Perbarui Magic Mouse dan Magic Keyboard

Langkah Mudah Membuat Pendingin Ruangan

Moto Knee, Kaki Palsu Mekanis untuk Atlet X Games

Pembangunan Stadion di California Andalkan Drone

#Kecerdasan Buatan #Robot
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan