Presiden Jokowi dan Jack Ma Dorong Peningkatan UMKM

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 03 September 2016
Presiden Jokowi dan Jack Ma Dorong Peningkatan UMKM
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meninjau Alibaba Group Corporate Campus, Jumat (2/9), di Hangzhou, RRT. (Foto: BPMI via setkab.go.id)

MerahPutih Nasional - Presiden Jokowi bertemu dengan pendiri sekaligus CEO Alibaba Jack Ma di Tiongkok, Jumat (2/9) lalu. Kedatangan Presiden Jokowi ke Tiongkok dalam rangka kunjungan kerja.

Presiden Jokowi dan Jack Ma bervisi sama untuk mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM). Akses terhadap teknologi oleh UMKM harus ditingkatkan.

“Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. Bahwa UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini. Posisi ataupun visi dari Jack Ma itu juga begitu, di mana-mana di seluruh dunia yang difokuskan adalah bagaimana kepada UKM,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara seperti dilansir Kantor Sekretariat Kabinet.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia dan Alibaba juga telah menjalin kerja sama dengan memasarkan produk Indonesia ke pasar Tiongkok. Produk tersebut dipasarkan melalui salah satu platform layanan Tmall dari Alibaba.

Pertemuan dengan CEO Alibaba dijajaki agar UMKM-UMKM Indonesia juga dapat masuk ke Tmall. Selain itu, juga dijajaki agar UMKM tersebut juga bisa masuk ke layanan AliExpress.

“AliExpress itu adalah platform-nya yang sama dari Alibaba tapi untuk global. Jadi UKM kita diharapkan tidak hanya menyasar pasar Tiongkok,” kata Rudi.

BACA JUGA:

  1. Alibaba Akuisisi Lazada Senilai US1 Miliar
  2. Alibaba Kembangkan Layanan GPS
  3. Alibaba Mulai Berinvestasi Pada Smartphone
  4. Perangi Barang Palsu, Alibaba Habiskan Miliaran Dolar
  5. Presiden Jokowi dan Masyarakat Indonesia di Tiongkok
#Tiongkok #Presiden Jokowi #Alibaba
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan