Penampilan Tari Bali Pukau Penonton di India

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 17 November 2016
Penampilan Tari Bali Pukau Penonton di India
Penampilan Sanggar Seni Svara Semesta, Bali (Foto: Youtube.com/com/watch?v=tXXh9IODkCg (svara semesta)

MerahPutih Budaya - Tim kesenian Bali, Svara Semesta bersama Indra Udayana dan Ashram Gandhi Puri Bali ikut meramaikan acara festival Dev Deepavali di Varanasi, Uttar Pradesh, India.

Tampilan para artis dari negeri Dewata itu memukau ribuan pengunjung festival di tepi sungai Gangga itu. Sedikitnya duapuluh lima ribu orang menyaksikan festival tahunan itu. Tim kesenian Bali ini menampilkan tari-tarian bernuansa spiritual Hindu.

Wakil Kepala Perwakilan RI (DCM), Dalton Sembiring, dalam sambutannya menyebutkan, Indonesia kaya akan keragaman budaya yang tersebar di tujuhbelas ribu pulau. Bali merupakan provinsi di Indonesia yang mempunyai keterikatan budaya begitu erat dengan India.

"Kesamaan budaya yang didasari oleh kepercayaan Hindu merupakan potensi besar untuk semakin memperkuat kerjasama dalam sektor budaya dan pariwisata antar kedua Negara," ungkapnya sebagaimana dilansir situs resmi kementerian luar negeri, Selasa (15/11).

Joint Secretary, Tourism, Negara Bagian Uttar Pradesh (UP), Ajay Pandey, yang bertindak sebagai pembawa acara, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas partisipasi Indonesia dalam Dev Deepavali 2016. "Indonesia sebagai negeri sahabat dikaruniai alam yang kaya dan indah dengan ribuan pulau yang tersebar di nusantara, penduduknya ramah dan sangat bersahabat," ungkapnya menyampaikan pujian.

Dev Deepavali merupakan perayaan Utsav terbesar yang diselenggarakan setiap tahun di kota suci Varanasi. Dev Deepavali juga disebut Dev Diwali dirayakan untuk menandakan kemenangan Dewa Shiva yang berhasil menaklukkan Tripurasur. Hari perayaan ini diberi nama Kartik Purnima. (mw)

 

 BACA JUGA:

1. Tari Bali Jauk dan Musik Angklung Hipnotis Warga Bulgaria

2. Jadi Warisan Budaya Dunia, Tari Bali Dipentaskan di Sidang UNESCO

3. Aiptu Yanto, Harumkan Nama Bangsa Lewat Tari Tradisional

#Tari Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan