Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp313,5 Triliun untuk Infrastruktur

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 14 Agustus 2015
Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp313,5 Triliun untuk Infrastruktur
Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meninjau progres pembangunan jalan tol Solo-Kertosono, di Sragen, Jateng, Sabtu (25/7). (Foto: Setkab.go.id)

MerahPutih, Keuangan-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, anggaran infrastruktur akan meningkat dibandingkan 2015.  

Jokowi menjelaskan, guna mendukung pelaksanaan kebijakan belanja negara, Pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur sebesar Rp313,5 triliun atau 8,0 persen. Anggaran tersebut lebih besar dari alokasi anggaran infrastruktur dalam APBNP tahun 2015.

“Alokasi ini akan digunakan antara lain untuk pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara, termasuk bandara perintis agar konektivitas dan pemerataan antarwilayah menjadi lebih baik,” ujar Presiden saat menyampaikan Pidato Kenegaraan, menyampaikan Nota Keuangan dan menyerahkan RUU APBN 2016 kepada parlemen, di Jakarta, Jumat (14/8).

Seperti diketahui, Jokowi menekankan pentingnya tol laut sebagai bagian dari infrastruktur maritim. Pembangunan tol laut akan dilengkapi dengan galangan-galangan kapal yang membuat ekonomi Indonesia lebih produktif.

"Salah satu agenda saya yang terpenting adalah mewujudkan tol laut. Insya Allah kebijakan ini akan mendorong peningkatan ekonomi maritim yang berkesinambungan, kelestarian laut, dan tata ruang laut yang baik," kata Jokowi. (Luh)

Baca Juga: 

Tutupi Defisit Anggaran Rp273,2 triliun, Pemerintah Mengandalkan Utang

Inggris akan Danai Proyek Infrastruktur Pemerintahan Jokowi

Sambut Pidato Kenegaraan, Rupiah Cenderung Flat

Reshuffle Kabinet Jokowi Belum Tuntaskan Masalah

 

 

 

 

 

 

#RAPBN 2016 #Pidato Kenegaraan #Presiden Jokowi #Infrastruktur
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan