Pecak Bandeng Tanpa Duri, Transformasi Kuliner Kesultanan Banten

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 29 September 2016
Pecak Bandeng Tanpa Duri, Transformasi Kuliner Kesultanan Banten
Pecak bandeng khas Kesultanan Banten. (Foto: MerahPutih/Ctr)

MerahPutih Kuliner - Banten, dahulu adalah sebuah kesultanan besar yang berdiri di Tatar Pasundan pada 1526, ketika Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Demak memperluas pengaruhnya ke kawasan pesisir barat Pulau jawa. Pada perkembangannya, Kesultanan Banten menjadi sebuah kesultanan yang pengaruhnya sampai ke belahan bumi eropa.

Sebagai kesultanan yang megapolis pada zamannya, tidak mengherankan jika salah satu negeri di nusantara itu memiliki kekayaan kuliner yang menjadi kegemaran manusianya. Dari sekian banyak kuliner yang menjadi jawara di lidah keluarga kesultanan dan masyarakat kelas atasnya adalah pecak bandeng.

Pada era modern ini, hidangan kuliner kesultanan Banten tersebut mengalami transformasi, pecak yang dihidangkan dengan sambal pedas aslinya dihidangkan dengan ikan bandeng utuh. Namun kini, ikan lezat yang memang dikenal memiliki banyak duri halus itu kini dibersihkan. 

Duri-duri ikan bandeng dibersihkan atau diangkat, sementara dagingnya tetap untuh. Bandeng tanpa tulang ini biasa ditemukan pada sajian sate bandeng. Hal tersebut, pecak bandeng tanpa tulang, setidaknya dapat ditemukan di tiga rumah makan di Serang. Salah satunya rumah makan di Jalan Raya Pandeglang KM 3.


Pecak bandeng khas Kesultanan Banten. (Foto: MerahPutih/Ctr)

"Pak Dedi (pemilik restoran) ingin menyajikan sesuatu yang berakar dari tradisi Kesultanan Banten, namun ada perlakuan khusus agar pelanggan kami senang menikmatinya. Kalau soal rasa, ya Mas sendiri bisa menila lah," ungkap Rizky Pratama, salah satu manager rumah makan yang berlokasi di Jalan Raya Pandeglang KM 3, Kota Serang, Rabu (28/9).

Karenanya, meski ada beberapa rumah makan yang menghidangkan menu yang sama, pecak bandeng yang mereka hidangkan banyak diminati, baik oleh para pendatang maupun penduduk Banten. (Ctr)

BACA JUGA:

  1. Memburu Pecak Bandeng, Jawara Kuliner Kesultanan Banten
  2. Seiring Berkembangnya Zaman Resep Sate Bandeng Berubah
  3. Sate Bandeng Racikan Chef Istana Kesultanan Banten Hanya Ada di Serang
  4. Asal Mula Sate Bandeng Hingga Disebut Kuliner dengan Resep Aneh
  5. Pecak Bandeng Khas Banten, Pedasnya Nendang!
#Kesultanan Banten #Kuliner Serang #Kuliner Banten #Pecak Bandeng Banten
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan