Paus Fransiskus Basuh Kaki Pengungsi Muslim di Kamis Putih

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 25 Maret 2016
Paus Fransiskus Basuh Kaki Pengungsi Muslim di Kamis Putih
Paus Fransiskus membasuh kaki pengungsi pada prosesi Kamis Putih di Castenuovo di Porto, Italia, Kamis (24/3) waktu setempat (screenshot Al Jazeera)

MerahPutih Dunia - Paus Fransiskus merayakan Paskah dengan mengunjungi pusat pengungsi di Castelnuovo di Porto, di luar Kota Roma, Italia. Sebuah spanduk bertuliskan "Selamat Datang" dalam beberapa bahasa menyambut kedatangan Paus Fransiskus saat berjalan melewati lorong ke tempat acara.  

Dalam prosesi Kamis Suci, Paus membasuh dan mencium kaki migran Muslim, Kristen, dan Hindu sebagai pesan bahwa semua manusia adalah sama yakni sama-sama anak Tuhan.  

Fransiskus memang banyak membawa perubahan sejak ditahbiskan sebagai Paus ke-266. Paus yang berasal dari Argentina itu menyatakan perang hanyalah keinginan para pemilik kepentingan dalam perdagangan senjata. Pernyataan tegas itu seakan memuat pesan kuat kepada publik atas serangan bom di Brussels, Belgia, Selasa (22/3) lalu.  

Dikutip dari Aljazeera, Jumat (25/3), Vatikan merilis empat wanita dan delapan pria dipilih untuk mendapat pembasuhan kaki oleh Paus Fransiskus. Satu wanita Katolik, tiga migran beragama Kristen Koptik Eritrea, empat pria Katolik asal Nigeria, tiga Muslim dari Mali, Siria, dan Pakistan, dan seorang penganut agama Hindu asal India. Norma baru Vatikan, semua hamba Tuhan dapat berpartisipasi dalam seremoni, bahkan non-Katolik. 

Paus berlutut lalu menuangkan air suci ke kaki 12 orang terpilih itu kemudian mengelap dan menciumnya. Beberapa orang yang menyaksikan adegan itu tak kuasa menitikan air mata. 

Paus juga menyalami 892 pengungsi satu per satu dan melayani foto bersama. Beberapa orang mengambil foto dengan kamera telepon pintar mereka.  

Membasuh kaki dimaksudkan sebagai bentuk simbol pelayanan dari seorang pemimpin kepada anggotanya. Kamis Suci identik dengan ritual pembasuhan kaki Yesus sebelum disalipkan. 

BACA JUGA:

  1. Suasana Perayaan Misa Kamis Putih di Gereja Katedral
  2. Paus Fransiskus Kecam Gaya Hidup Konsumerisme dan Hedonisme
  3. Paus Fransiskus Kutuk Pelaku Teror di Paris
  4. Kunjungi AS, Paus Fransiskus Makan Siang dengan 300 Gelandangan
  5. Paus Fransiskus Puji Membaiknya Hubungan Kuba-AS
#Hari Paskah #Kamis Suci #Paus Fransiskus
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan