Orangutan Hamil Selamat dari Kebakaran Hutan Kalimantan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 22 Oktober 2015
Orangutan Hamil Selamat dari Kebakaran Hutan Kalimantan
Orangutan Kalimantan yang dievakuasi akibat kebaran hutan, di Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (22/10). (Foto: Twitter/@bornean)

MerahPutih Peristiwa - Dua orangutan berhasil selamat dari kebakaran hutan di Kalimantan, tepatnya di Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (22/10). Kedua orangutan itu selamat setelah keluar dari habitatnya yang terbakar sebelum petugas konservasi berhasil mengevakuasi dan melakukan perawatan.

"Dua orangutan keluar dari habitatnya hutan yg terbakar di kawasan Trans Kalimantan KM 30 Kalteng (Kalimantan Tengah). Dapat diselamatkan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, melalui akut Twitter-nya.

Dilansir dari akun Twitter Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, kedua orangutan tersebut dievakuasi oleh tim di wilayah Konservasi Nyaru Menteng. Tim Nyaru Menteng sudah memantau keberadaan orangutan tersebut namun sulit ditemukan karena bersembunyi di semak-semak.

Kedua orangutan tersebut terdiri dari satu orangutan jantan berumur sekitar 15 tahun dan satu orangutan betina berumur sekitar 13 tahun. Orangutan jantan secara fisik kurus, ada kemungkinan dehidrasi, dan mata kirinya terluka yang belum diketahui sebabnya.

"Sementara orangutan betina dalam keadaan dehidrasi dan dokter hewan kami menduga ia sedang hamil," demikian dilaporkan Bos Fondation melalui akun Twitter, @bornean.

 

Baca Juga:

  1. Derita Orangutan Akibat Kabut Asap
  2. Evakuasi Orangutan Sumatra
  3. Orangutanku Sayang Orangutanku Malang
  4. Bayi Orangutan Prematur Curi Perhatian Warga Jerman
  5. 'Budi' Orangutan Gizi Buruk Mendapat Perhatian Dunia
#Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) #Kebakaran #Kalimantan #Orangutan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan