MMS Banten Bersiap Hadapi Arus 164 Ribu Kendaraan di Libur Natal dan Tahun Baru

Ana AmaliaAna Amalia - Sabtu, 17 Desember 2016
MMS Banten Bersiap Hadapi Arus 164 Ribu Kendaraan di Libur Natal dan Tahun Baru
Deskripsi : Gerbang Tol Serang - Merak (Foto: MerahPutih/Sucitra)

MerahPutih Peristiwa - Pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak PT Marga Mandala Sakti (MMS) yang merupakan bagian dari Grup Astra menyatakan siap mengantisipasi lonjakan arus kendaraan yang akan terjadi pada libur Natal dan Tahun Baru 2017 yang mencapai 53 Ribu kendaraan.

Salah satu upaya untuk antisipasinya adalah mengoptimalkan pengoperasian gardu di gerbang-gerbang tol serta pembagian Kartu Tanda Masuk (KTM) dengan sistem jemput kendaraan.

Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS, Nur Indah Permanasari mengatakan, libur Natal yang berlangsung selama tiga hari itu, biasanya akan dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung atau berwisata. Puncak arus lalu lintas tersebut diprediksi terjadi pada hari Jumat tanggal 23 Desember 2016.

“Menyusul kemudian puncak lalu lintas libur tahun baru terjadi pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2016. Sedangkan untuk lalu lintas tanggal 1 Januari 2017 di pagi hari akan cenderung sepi dan mulai ramai pada sore hari terutama di jalur arah Jakarta,” ujarnya.

Menurutnya, lalu lintas pada puncak libur Natal dan tahun baru 2017 ini diperkirakan pertumbuhan kendaraan naik sebesar 0,40% dibanding trafik normal atau rata-rata sebanyak 128 ribuan kendaraan menjadi 164 ribuan kendaraan perharinya selama tanggal 23 Desember 2016 – 1 Januari 2017.

“Prediksi pertumbuhan traffic tersebut berdampak pada peningkatan sebanyak 53 ribu kendaraan per harinya yang akan memasuki Gerbang Tol Cikupa atau sekitar 5.300 kendaraan per jam,” katanya.

Selain itu, MMS juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika diperlukan untuk menghadapi lonjakan kendaraan. Jika terjadi peningkatan kendaraan di Serang Timur baik entrance maupun exit dan antrean melewati batas aman, maka lalu lintas akan dialihkan keluar Serang Barat.

Begitu juga jika lonjakan terjadi di Gerbang Tol Cilegon Timur maka akan diarahkan untuk keluar di Cilegon Barat. Sedangkan untuk Gerbang entrance Merak siap menerima pengalihan dari Gerbang Tol Cilegon Barat, Gerbang exit Merak jika antrean melebihi batas aman akan dialihkan keluar Cilegon Barat dan Cilegon Timur.

MMS juga menyiapkan para petugas untuk siaga mengatur antrean di setiap gerbangnya. Armada layanan lalu lintas tol Tangerang-Merak pun siap 24 jam setiap hari untuk membantu dan melayani pengguna jalan Tol Tangerang-Merak.

Terkait adanya pekerjaan peningkatan kualitas jalan yang terjadi di beberapa titik di ruas Tangerang-Merak, pengguna jalan dihimbau untuk tetap waspada. “Dalam pengerjaan ini tentunya telah dipasang rambu kerja, agar pengguna jalan menaati rambu lalu lintas di jalan tol dan berkendara dengan waspada dan berhati-hati,” katanya.

“Untuk mempercepat transaksi pembayaran tol kami juga menyarankan untuk menggunakan kartu prabayar elektronik,” ujarnya.(Ctr)

BACA JUGA:

  1. Libur Akhir Tahun, 1,45 Juta Kendaraan Pribadi Diprediksi Masuk ke Yogyakarta
  2. Libur Natal-Tahun Baru, Penumpang Angkutan Umum ke Yogyakarta Naik 2%
  3. Kemenhub Siapkan Skenario Penanganan Kemacetan Jelang Natal
  4. Dirjen Hubla Pastikan Kapal Angkutan Natal dan Tahun Baru Aman
  5. Sambut Natal dan Tahun Baru, ARTOTEL Berbagi Lewat #ARTOTELforHOPE
#Natal Dan Tahun Baru 2017 #Kota Banten #Kenaikan Jumlah Kendaraan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan