Mitos 'Batu Tetek' Menyerupai Payudara Wanita di Rumah Kayu Goen

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 26 September 2016
Mitos 'Batu Tetek' Menyerupai Payudara Wanita di Rumah Kayu Goen
Batu tetek yang menyerupai payudara wanita (Foto: MP/Wid)

MerahPutih Budaya – Nusantara memiliki keberagaman budaya serta tradisi yang tidak semua masyarakat tahu. Satu daerah dengan daerah lainnya memiliki keunikan seni tradisi dan budaya yang berbeda pula.

Salah satu mitos tentang “batu tetek”, yaitu batu yang menyerupai payudara wanita terdapat di Rumah Kayu Goen, di Jalan Rumah Kayu Goen, Kampung Cipari, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Mitos “batu tetek” ini, menurut Yudoanto (36) penunggu Rumah Kayu Goen sebagai lambang kesuburan.

“Ini batu tetek, katanya orang dulu ini dipercaya sebagai lambang kesuburan,” ujar Yudianto kepada merahputih.com, Minggu (25/09).

Ia juga mengungkapkan, batu tetek ini dibawa dari daerah Jawa Timur, tidak jauh dari “Candi Sumber Tetek”. Candi Sumber Tetek sendiri dipercaya dulunya merupakan petirtaan (tempat mandi) yang diperuntukkan bagi kedua permaisuri Raja Airlangga, yaitu Dewi Laksmi dan Dewi Sri. Di “Candi Sumber Tetek” sendiri payudara puting
payudara tersebut mengeluarkan atau memancurkan air. Kedua arca itu dipercaya juga melambangkan kesuburan.

Selain “batu tetek” di Rumah Kayu Goen juga terdapat batu tapal batas dari zaman kerajaan Pajajaran dan batu penanggalan Cina. “Ini juga didatangkan dari daerah Jawa Timur. Tapi kalau batu tapal batas ada yang dari Cirebon dan ada yang dari Padang,” katanya. (Wid)

BACA JUGA:

  1. Ada Ruangan dari Kandang Kerbau Berusia Ratusan Tahun di Rumah Kayu Goen
  2. Rumah Kayu Goen Suguhkan Barang Antik dari Belahan Nusantara
  3. Klenteng Boen Tek Bio dan Masjid Jami Kali Pasir Simbol Rukun Kota Tangerang
  4. Menengok Sejarah Cina Benteng di Tangerang
  5. Pintu Air Sepuluh “Sangego” Sumber Kehidupan Masyarakat Tangerang
#Rumah Kayu Goen #Wisata Kabupaten Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan