Misteri Makam Belanda hingga Penampakan Sosok Harimau Titisan Prabu Siliwangi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 02 November 2016
Misteri Makam Belanda hingga Penampakan Sosok Harimau Titisan Prabu Siliwangi
Makam Belanda (Foto:MP/Ardi)

MerahPutih Wisata– Kabar tentang keangkeran areal pemakaman tua Belanda yang berada di Kebun Raya Bogor (KRB), tentu menimbulkan rasa takut bagi sebagian masyarakat untuk menyambangi makam tersebut.

Namun, menurut salah seorang pemandu wisata KRB, Dano mengatakan bahwa pada beberapa tahun yang lalu ada salah satu peziarah yang hendak mencoba keberaniannya bermalam di pemakaman itu.

“Sebelumnya orang itu tanya tentang keangkeran makam Belanda. Kami memberitahu sesuai dengan apa yang telah diceritakan masyarakat. Dia tertarik untuk uji nyali,” kata Dano di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/11).

Kami, jelas Dano, sudah menyarankan untuk tidak menyombongkan diri di wilayah ini. Pasalnya, ‘penunggu’ bukan hanya ada di makam melainkan di beberapa tempat lainnya.

“Dia ‘ngeyel’. Ya, sudah. Intinya kami lepas tanggung jawab kalau kenapa-kenapa. Toh, kami sudah menyarankan. Kalau mau, lebih baik ziarah daripada uji nyali yang terkesan menantang,” jelas Dano.

Kesombongan pengunjung itu, akhirnya berbuah pahit. Belum juga ada satu jam, Dano mengatakan bahwa sang pengunjung lari tunggang-langgang dengan raut wajah ketakutan.

Pengunjung itu mengaku melihat beberapa penampakan seperti sekelompok orang Belanda, noni Belanda dan bahkan seekor harimau yang sangat besar.
“Alhamdulillah-nya, dia tidak kenapa-kenapa. Kalau dari pengakuannya melihat banyak termasuk harimau yang menurut kami ada hubungannya dengan eyang Prabu Siliwangi,” tutur Dano.

“Seram atau tidak itu tergantung persepsi kita. Dan perlu dicatat, untuk ‘penghuni’ sebenarnya tidak hanya di sini (KRB). Jin ada di mana-mana. Yang terpenting, kita jangan mengusik apalagi menantang,” tutup Dano. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Makam Angker Belanda, Saksi Bisu Perkembangan Kebun Raya Bogor
  2. Wisata Pemakaman Bergaya Eropa di Jakarta
  3. Kisah Makam Soe Hok Gie di Pemakaman Orang Belanda
  4. Mengunjungi Makam Raja Imogiri di Yogyakarta
  5. Istana Putih Beralih Fungsi Menjadi Gedung Keuangan Negara
#Tempat Wisata Bogor #Kebun Raya Bogor #Pemakaman
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan