Mengenang 5 Karya Pak Raden yang Tak Terlupakan

Ana AmaliaAna Amalia - Senin, 28 November 2016
Mengenang 5 Karya Pak Raden yang Tak Terlupakan
Prosesi pemakaman Pak Raden di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu (31/10). (Foto: MerahPutih/Rizky Kusumo)

MerahPutih Budaya - Hari ini, Senin (28/11) Google merayakan hari ulang tahun Drs Suyadi atau biasa disapa Pak Raden yang ke 84 melalui Google Doodle. Pak Raden telah meninggal dunia satu tahun yang lalu, tepatnya 30 November 2015. Yang paling ikonik dari sosok Pak Raden adalah tokoh antagonis Pak Raden dalam cerita "Si Unyil" yang melegenda.

Tapi sayangnya, di balik kesuksesan Pak Raden menghibur dan mendidik anak-anak Indonesia melalui berbagai karyanya, hidup Pak Raden sangat memprihatinkan, bahkan Pak Raden harus tinggal menumpang di rumah kakaknya.

Berpuluh-puluh tahun menjadi seniman, telah banyak karya yang terlahir dari buah pikiran Pak Raden, bukan hanya boneka Si Unyil, Pak Raden juga membuat karya-karya lainnya. Pak Raden itu sosok idola yang pada masa-masa akhir hidupnya penuh dengan keprihatinan. 

Berikut ini 5 karya Pak Raden.

1. Si Unyil.

Serial sandiwara boneka 'Si Unyil' tayang di Televisi Republik Indonesia (TVRI) tahun 80an. Dalam sandiwara boneka itu muncul karakter antagonis, seorang pria berkumis tebal dengan baju ala bangsawan Jawa bernama Pak Raden.

'Si Unyi' menemani anak-anak Indonesia melalui kisah-kisah jenakanya selama 10 tahun di TVRI. Selain memerankan suara Pak Raden, Suyadi juga berperan sebagai art director dalam sandiwara boneka itu.

Pak Raden juga menciptakan karakter-karakter dan model boneka Si Unyil dan teman-temannya seperti Usro, Ucrit, Cuplis, Melani, Pak Ogah, Bu Bariah, dan masih banyak lagi.

Pak Raden adalah nyawa dari Si Unyil dan kawan-kawannya.

2. Buku pelajaran bahasa Indonesia Ini Budi.

Bacaan buku pelajaran bahasa Indonesia seperti: Ini Budi, Ini Ibu Budi dan lain sebagainya adalah hasil karya Pak Raden juga loh.

3. Art Book Gambar Dongeng

Pak Raden juga sangat hobi melukis, hal itu ia tungkan melalui buku dongeng bergambar untuk anak-anak Indonesia.

Art Book Gambar Dongeng Suyadi ini menjadi salah satu karya Pak Raden semasa hidupnya.

4. Sketsa buku

Selain berdongeng, melukis dan menjadi dalang, ternyata Pak Raden juga sering membuat sketsa buku.

Tapi sayangnya sketsa-sketsa itu berserakan karena tidak laku, untuk itu manager Pak Raden, Prasodjo Chusnato mengumpulkan sketsa-sketsa tersebut dan mengusulkan untuk dijadikan satu dalam sebuah pameran.

Pameran itu pun terwujud, sketsa Suyadi yang diberi judul Noir at Blanc (Hitam dan Putih), para pengunjung seperti melihat sisi lain sang seniman.

60 sketsanya itu akhirnya dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta, 25 April-5 Mei 2013.

(Foto:karyapakraden.worpress.com)

5. 60 Tahun berkarya

Bukan hanya seniman biasa, Pak Raden juga sosok seniman serba bisa. Ia bukan hanya membuat karakter-karakter dalam sandiwara boneka Si Unyil, bahkan Pak Raden juga seorang penulis, pelukis, wayang, pemusik, pendongeng, dan yang paling penting adalah penyemangat anak-anak Indonesia untuk mencintai negaranya.

Dari sekian karya Pak Raden, tentu saja Si Unyil yang paling legendaris dan ikonik. Bagi yang menikmati masa anak-anak tahun 80-an, Si Unyil bukan sekedar tontonan tapi teman bermain yang menyenangkan sekaligus penuh dengan ajaran nilai-nilai kehidupan. 

Baca juga:

  1. Dukacita Para Komika dan Selebritis untuk Pak Raden
  2. Pak Raden, Pencipta Tokoh Si Unyil Tutup Usia
  3. Geluti Dunia Komik, Pepeng "NAIF" Kampanye Ayo Membaca
  4. Bayaran Mahal, Babe Cabita Pilih Stand Up Comedy daripada Film
  5. Pandji Pragiwaksono Perlihatkan Kondisi Bangsa Lewat Tur Stand Up Comedy
#Si Unyil #Drs Suyadi #Google Doodle #Pak Raden
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan